RR Ukirsari Manggalani
Pengibaran bendera Merah Putih di Pulau Nuhaka, Kepulauan Tanimbar, Maluku, Senin (17/8/20) [ANTARA/Simon Lolonlun].

SuaraJatim.id - Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku mengibarkan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 di Pulau Nukaha. Salah satu pulau kecil dan tak berpenghuni di sebelah timur Pulau Fordata, gugusan Kepulauan Tanimbar, Senin (17/8/2020).

Sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan tepat pukul 10.00 WIT, dalam rangkaian acara bertajuk "Sentuhan Merah Putih dari Nukaha untuk Tanimbar dan untuk Indonesia" yang dihadiri Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan sejumlah pimpinan SKPD.

Menurut Yeri Rangkore, ketua panitia acara, peserta upacara terdiri dari 400 orang pemuda Katolik, Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku, perwakilan TNI-Polri dari Pangkalan TNI AL Saumlaki, Batalyon Infanteri 734/Satria Nusa Samudera, dan Polsek Fordata. Juga hadir Camat Fordata dan rombongan serta perwakilan pemerintah desa di wilayah itu.

Bupati Petrus Fatlolon bertindak sebagai inspektur upacara dan tiga orang perempuan pengibar bendera berasal dari OMK Paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat, yaitu Vena Oratmangun, Inke Futwembun dan Ines Batfutu.

Baca Juga: Produk Otomotif HUT Kemerdekaan RI ke-75: Edisi Terbatas sampai Diskon

Ketiganya berpengalaman mengibarkan bendera dan ditunjuk untuk mengibarkan bendera berdimensi panjang 2,90 cm dan lebar 90 cm di pulau yang akan dikembangkan oleh Pemkab setempat sebagai salah satu destinasi pariwisata itu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membina karakter kaum muda Tanimbar, meningkatkan semangat nasionalisme kaum muda Tanimbar untuk mencintai Tanimbar dan Indonesia, mempromosikan adat dan budaya Tanimbar dan mempromosikan Pulau Nukaha sebagai salah satu destinasi wisata Kabupaten Kepulauan Tanimbar" kata Yeri Rangkore.

Ditambahkannya pula bahwa rangkaian kegiatan berlangsung 15 - 17 Agustus 2020 di beberapa desa di Kecamatan Fordata, Kabupaten Kapulauan Tanimbar.

Adapun rundown acara selengkapnya adalah:

  • Pembinaan karakter pemuda di Desa Awear, 15 Agustus 2020
  • Vigili Kemerdekaan di Desa Romean, 16 Agustus 2020
  • Acara puncak pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Nukaha, 17 Agustus 2020.

Baca Juga: Hormati Detik-detik Proklamasi, Aktivitas di Gondowulung Berhenti 3 Menit

Komentar