Jalur Pendakian Licin, 15 Orang Terjebak di Gunung Butak

Chandra Iswinarno
Jalur Pendakian Licin, 15 Orang Terjebak di Gunung Butak
Beberapa pendaki dievakuasi Petugas BPBD Kota Batu. [Pusdalops BPBD Kota Batu]

Belasan pendaki dievakuasi Tim Reaksi Cepat ( TRC ) BPBD Kota Batu, PMI Kota Batu dan petugas gabungan lainnya setelah mendapatkan laporan.

Suara.com - Sejumlah 15 pendaki dilaporkan terjebak di Gunung Butak Kota Batu Jawa Timur, Minggu (28/4/2019). Hujan deras mengakibatkan jalan pendakian licin dan beberapa pendaki alami hipotermia.

Belasan pendaki dapat dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat ( TRC ) BPBD Kota Batu, PMI Kota Batu dan petugas gabungan lainnya setelah mendapatkan laporan sekitar pukul 02.30 WIB, Senin dini hari (29/4/2019).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Rochiim mengatakan, kronologi bermula dari hujan yang turun dengan intensitas tinggi, Minggu sore, menyebabkan jalur pendakian Gunung Butak menjadi licin.

Para pendaki yang akan turun gunung terjebak di lokasi tanjakan PHP. Pada lokasi tersebut, kondisinya tidak memungkinakn untuk meneruskan perjalanan turun. Sebagian besar pendaki ada yang naik ke Gunung Butak, sejak Sabtu (27/4/ 2019).

"Para pendaki juga tidak bisa mendirikan tenda karena tidak ada ruang datar yang cukup di jalur itu. Sehingga pendaki kehujanan dan kedinginan," kata Rochiim dalam keterangan tertulis diterima Suara.com.

Beruntung, lanjut dia, belasan pendaki dari berbagai rombongan itu tidak sampai alami luka serius. Mereka hanya mengalami hipotermia dan kelelahan akibat logistik yang juga telah habis.

Berikut nama pendaki yang terjebak di jalur pendakian Gunung Butak :
1. Fatimahtur, 14 tahun asal Kediri
2. Ainul Hikmah, 20 tahun asal Jombang
3. Andy Siswanto, 18 tahun asal Kediri
4. Feryshal, 18 tahun asal Pare
5. Selvi Desi, 15 tahun asal Kediri
6. M. Fajrul Abidin, 19 tahun asal Batu
7. Rabit Al Qorofi, 20 tahun asal Jember
8. Diana Sandra Sari, 18 tahun asal Pare
9. Fitriana Puspitasari, 18 tahun asal Kediri
10. Bagas Bintang Satrio, 15 tahun asal Surabaya
11. Taufan Budi W, 18 tahun aal Sidoarjo
12. Ferhan Kristiantoro, 18 tahun asal Kediri
13. Feri Toriqul Fauzi, 15 tahun asal Kediri
14. Ega Sulthan, 18 tahun asal Surabaya
15 Dwi Ahmad, 17 tahun asal Mojokerto

Merespon hal itu, BPBD Kota Batu mengimbau agar pendaki yang hendak melintasi jalur pendakian Gunung Panderman maupun Gunung Butak diharapkan untuk berhati-hati. Sebab, kondisi jalan pendakian yang licin dan cuaca berpotensi hujan, beberapa hari ke depan.

Kontributor : Aziz Ramadani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS