Caleg Terpilih Partai Nasdem Ini Harus Mendekam di Tahanan Kejari Gresik

Chandra Iswinarno
Caleg Terpilih Partai Nasdem Ini Harus Mendekam di Tahanan Kejari Gresik
Kasi Intel Kejaksaan Negeri Gresik Bayu Probo Sutopo memberi keterangan kepada media, Kamis (9/5/2019). [Suara.com/Tofan Kumara].

Kasintel Kejari Gresik Bayu Probo Sutopo menjelaskan, Mahmud langsung ditahan jaksa penuntut umum karena beberapa pertimbangan.

Suara.com - Caleg DPRD terpilih dari Partai Nasdem di Gresik, Mahmud, harus mendekam di tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Jawa Timur pada Selasa (7/5/2019).

Mahmud ditahan lantaran melakukan penipuan dan penggelapan yang dijerat Pasal 378 KUHP atau pasal 372 KUHP.

Kepala Seksi Intelijen (Kasintel) Kejari Gresik Bayu Probo Sutopo menjelaskan Polda Jatim telah menyerahkan tersangka dan barang bukti pemeriksaan tahap kedua kepada Kejari Gresik.

"Kita telah menerima limpahan tersangka penipuan dan penggelapan tahap dua dari Polda Jatim atas nama Mahmud, salah satu caleg terpilih dari partai Nasdem Gresik," kata Bayu, Kamis (9/5/2019).

Bayu menjelaskan, pada hari Selasa (7/5/2019), Mahmud langsung ditahan oleh jaksa penuntut umum karena beberapa pertimbangan.

"Ya, jaksa penuntut umum (JPU) langsung menahan tersangka. Ada beberapa pertimbangan yang bisa membuat tersangka ditahan," ucapnya.

Lebih lanjut, Bayu mengemukakan saat diperiksa di Polda Jatim, tersangka tidak ditahan.

"Saat pemeriksaan di Polda, tersangka tidak ditahan. Kita menahan untuk mempercepat proses pemeriksaan dipersidangan nantinya," ujar Bayu.

Namun, dia menyebut kejaksaan tidak bisa menjelaskan secara materiil total kerugian akibat perbuatan Mahmud.

"Kita tidak bisa menjelaskan secara materiil, kejaksaan hanya menjelaskan secara formil saja. Pada persidangan nanti akan ada lima JPU, dua dari Kejati dan tiga dari Kejari Gresik," jelasnya.

Untuk diketahui, Mahmud merupakan Caleg terpilih dari Partai Nasdem untuk daerah pemilihan 8 Kabupaten Gresik, yang meliputi Manyar, Bungah dan Sidayu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS