Nilai Agama Siswa SMA di Kota Blitar Peringkat Ketiga Se-Jatim

Chandra Iswinarno
Nilai Agama Siswa SMA di Kota Blitar Peringkat Ketiga Se-Jatim
Pelaksanaan UNBK di sebuah sekolah SMA di Kota Blitar beberapa waktu lalu. [Suara.com/Agus H]

Perolehan nilai rata-rata siswa SMA-SMK di wilayah Kabupaten Blitar, lanjutnya, juga tinggi yaitu menduduki peringkat keempat Jawa Timur.

Suara.com - Nilai rata-rata hasil ujian kelulusan UNBK dan USBN tingkat SMA di Kota Blitar untuk pelajaran agama menempati rangking ke-3 di Jawa Timur. 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kota dan Kabupaten Blitar Trisilo Budi Prasetyo mengatakan bahwa nilai rata-rata yang diraih siswa SMA dan SMK di Kota Blitar untuk bidang agama menempati posisi ke-3 tertinggi di Jawa Timur. 

Hal itu disampaikan Trisilo, Selasa (14/5/2019), saat memaparkan hasil UNBK dan USBN siswa SMA dan SMK di Kabupaten dan Kota Blitar untuk tahun ajaran 2018/2019.

Perolehan nilai rata-rata siswa SMA-SMK di wilayah Kabupaten Blitar, lanjutnya, juga tinggi yaitu menduduki peringkat keempat Jawa Timur. 

Namun, Trisilo tidak memberikan detail berapa nilai rata-rata pelajaran agama tersebut.  Untuk diketahui, siswa SMA-SMK tahun ajaran 2018/2019 baru saja selesai melaksanakan Ujian kelulusan melalui UNBK (berbasis komputer)  dan USBN.  

Di Blitar, total siswa yang mengikuti UNBK dan USBN adalah 12.244. Tidak termasuk SMK, di wilayah Kabupaten Blitar terdapat 2.858 siswa dari 22 sekolah yang mengikuti UNBK dan USBN sedangkan di wilayah Kota Blitar sebanyak 1.578 dari 11 sekolah. 

"Di Kota dan Kabupaten Blitar persentasi kelulusannya 100 persen. Jadi 12.244 siswa SMA dan SMK tersebut semuanya lulus," ujar Trisilo.  

Trisilo melanjutkan bahwa untuk nilai rata-rata matapelajaran IPS di Kota Blitar menempati peringkat ketujuh di Jatim, sedangkan untuk siswa SMA di Kabupaten Blitar berada di peringkat ke-10 di Jatim.

Sedangkan, nilai rata-rata matapelajaran IPA untuk siswa SMA di Kota Blitar menempati peringkat ketujuh di Jatim, sedangkan untuk siswa SMA di Kabupaten Blitar menempati peringkat ke-14 di Jatim. 

Trisilo mengatakan pelaksanaan pengumuman kelulusan juga berjalan lancar dan aman tanpa adanya perayaan kelulusan yang biasanya dilakukan sejumlah siswa dengan melakukan konvoi sepeda motor di jalanan.

Kontributor : Agus H

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS