Mengenang Sosok Tholchah Hasan; Tokoh Pendidikan Pendiri Unisma

Chandra Iswinarno
Mengenang Sosok Tholchah Hasan; Tokoh Pendidikan Pendiri Unisma
KH Tholchah Hasan. [Antara]

Mantan Menteri Agama era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini juga tokoh utama yang mendirikan Universitas Islam Malang (Unisma).

Suara.com - Semasa hidup, KH Tholchah Hasan selain dikenal sebagai Mustasyar (penasihat) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga melekat sebagai sosok pendidikan.

Kelahiran Tuban Tahun 1936 silam itu kerap disebut sebagai seorang tokoh yang multidimensi. Selain menjadi tokoh pendidikan, ia dikenal sebagai pegiat organisasi yang tekun dan seorang tokoh yang aktif di pemerintahan. Mantan Menteri Agama era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini juga tokoh utama yang mendirikan Universitas Islam Malang (Unisma).

Hal ini diungkapkan Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Masykuri Bakri. Selain sosok ulama dan juga mantan menteri, almarhum juga dikenal sebagai tokoh pendidikan. Bahkan disebut telah mewakafkan diri di dunia pendidikan. Terbukti dengan perannya sebagai pendiri kampus NU itu dan menjabat sebagai Ketua Dewan pembina Unisma.

"Beliau Ketua dewan pembina sekaligus pendiri Unisma. Beliau sendiri sudah bilang telah melangkahkan kaki di dunia pendidikan," kata Masykuri.

Ia melanjutkan, paling diingat petuah almarhum agar warga, baik kalangan Nahdliyyin (sebutan warga NU) maupun golongan lainnya untuk tetap rukun dalam menyikapi berbagai hal atas kondisi yang berkembang di masyarakat.

"Semuanya (diminta) menjaga ketentraman, terutama di dunia pendidikan. Beliau ini orang yang selalu memberikan solusi dan alternatif-alternatif," kenangnya.

Untuk diketahui, KH Tholchah Hasan meninggal dunia di Rumah Sakit Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur pukul 14.10 WIB, Rabu (29/5/2019).

Kontributor : Aziz Ramadani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS