Lonjakan Penumpang Kereta Api di Stasiun Wilayah Daop 8 Mulai Terasa

Chandra Iswinarno
Lonjakan Penumpang Kereta Api di Stasiun Wilayah Daop 8 Mulai Terasa
Suasana penumpang di salah satu stasiun yang berada di Daop 8 Surabaya. [Suara.com/Dimas Angga P]

Surabaya sendiri sebagai tempat transit para penumpang kereta api, sehingga kenaikan jumlah penumpang sangat terlihat di Stasiun yang ada di Surabaya.

Suara.com - Jelang cuti bersama libur lebaran 2019, kenaikan penumpang di beberapa Stasiun PT KAI Daop 8 Surabaya, Jawa Timur terlihat signifikan.

"Diperkirakan jumlah penumpang KA jarak jauh/menengah pada hari ini, Kamis (30/5/2019), mencapai 23.559 penumpang," ujar Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto, Kamis (30/5/2019).

Menurut Suprapto, penumpang yang melakukan perjalanan jarak jauh ataupun menengah meningkat tajam sejak Rabu (29/5/2019).

"Selasa sekitar 15 ribu penumpang. Masuk Rabu, penumpang naik menyentuh 22 ribu, untuk penumpang hari ini sudah meningkat lagi sekitar 23 ribu," imbuhnya.

Untuk angka pemesan tiket kereta api Lebaran di wilayah Daop 8 Surabaya, baik yang kereta api reguler dan kereta api tambahan, untuk periode keberangkatan pada 31 Mei 2019 hingga 16 Juni 2019, jumlah total tiket yang terjual untuk kereta jarak jauh/menengah berjumlah total 427.800 tiket.

"Bisa dikatakan naik 79 persen dari total tiket yang tersedia pada periode H-5 sampai dengan H+10 yang berjumlah 543.784 tiket," ungkap Suprapto.

Selain sebagai tujuan utama, Surabaya sendiri sebagai tempat transit para penumpang kereta api, sehingga kenaikan jumlah penumpang sangat terlihat di stasiun yang ada di Surabaya.

"Mulai tingginya angka penjualan tiket lebaran KA jarak jauh/menengah di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya ini, disebabkan karena wilayah Daop 8 Surabaya merupakan daerah tujuan dari pemudik (Arus mudik)," jelasnya.

Salah satu penumpang dengan tujuan Lempuyangan Heru Jatmiko (48), mengaku akan berangkat hari ini. Pria yang bekerja di salah satu pabrik di Kabupaten Pasuruan mengaku sudah mulai libur dan berencana untuk mudik.

"Tahun kemarin kena waktu singkat liburannya. Sekarang lumayan sedikit panjang, jadi bisa agak lama mudik lebarannya," ungkap Heru saat menunggu kereta api.

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS