Indonesia Catatkan Rekor Dunia Bentang Bendera Terbesar di Bawah Laut

Bangun Santoso
Indonesia Catatkan Rekor Dunia Bentang Bendera Terbesar di Bawah Laut
Para penyelam bersiap pecahkan rekor membentangkan bendera terbesar di bawah laut. (Dok. Polisi)

Beberapa hari sebelumnya rekor dunia pecah rangkai penyelam terpanjang di pantai Megamas Manado

Suara.com - Setelah sukses memecahkan Guinness World Record (GWR) rangkai penyelam terpanjang yang membentuk rantai manusia bergandengan tangan di bawah air, di Pantai Kawasan Megamas, Manado Sulawesi Utara, pada Kamis (1/8/2019). Sabtu (3/8/2019), hari ini Indonesia kembali akan mencatatkan sejarah di dunia selam melalui pembentangan bendera terbesar di bawah air.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan, untuk memecahkan rekor pembentangan bendera, Polda Jatim turut berpartisipasi dengan mengirimkan 50 penyelam di bawah pimpinan Ditpolair dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

"Kita kirim 50 penyelam di bawah pimpinan pak Kapolda dan Ditpolair," kata Barung,Sabtu (3/8/2019).

Menurut dia, panitia menyebut bahwa untuk hari ini, lebih dari 3.000 penyelam yang berpartisipasi. Mereka terdiri dari berbagai usia dan gender.

Di lokasi, ribuan penyelam yang sudah dikelompokkan telah bersiap untuk memecahkan dua rekor sekaligus. Pengunjung pun tampak antusias.

Pengunjung yang ingin menyaksikan pemecahan rekor dunia hari ini tampak lebih ramai. Bahkan ada yang membawa seluruh keluarganya untuk menyaksikan aksi tersebut.

Kebetulan pada Sabtu-Minggu Kawasan Megamas menjadi lokasi yang biasa digunakan warga Manado untuk berolahraga. Sebab pemerintah menetapkan hari itu adalah hari bebas kendaraan atau car free day.

Untuk dijetahui, pada Kamis (1/8/2019) Wanita Selam Indonesia (WASI) dan ratusan penyelam berhasil memecahkan rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air (Longest Human Chains Underwater). Mereka berhasil bergandengan tangan tanpa terputus selama lebih dari 7 menit di laut biru itu.

Tercatat Sebanyak 578 penyelam wanita dari Indonesia, dan mancanegara seperti Malaysia, Australia, Amerika dan Mesir turut memeriahkan dalam pemecahan rekor kali ini di Laut Indonesia.

Pemecahan rekor dunia selam terpanjang ini dipimpin oleh Ketua WASI Ny. Tri Tito Karnavian.

"Alhamdulillah puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa semua kerja keras kita dalam setahun ini berhasil. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, terima kasih kepada Bangsa Indonesia, terima kasih kepada semua masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Sulawesi Utara tentunya semua peserta yang telah menyukseskan acara ini," ucap Ketua WASI.

Catatan rekor ini pecah menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Amerika Serikat dengan jumlah penyelam sebanyak 368 orang.

Kontributor : Achmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS