Peringati Hari Kemerdekaan, Warga Pabian Sumenep Upacara di Sungai

Chandra Iswinarno
Peringati Hari Kemerdekaan, Warga Pabian Sumenep Upacara di Sungai
Puluhan Warga Pabian Sumenep menggelar upacara peringatan HUT ke74 RI di sungai. [Suara.com/M Madani]

Meski dilaksanakan di sungai, upacara yang dilaksanakan puluhan warga itu juga berlangsung khidmat

Suara.com - Banyak cara yang dilakukan warga dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Seperti upacara bendera merah putih yang dilakukan Warga Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Meski dilaksanakan di sungai, upacara yang dilaksanakan puluhan warga itu juga berlangsung khidmat, dan menarik perhatian orang banyak orang. Terlebih para pengendara yang melintas di jalan raya dekat upacara berlangsung.

Seorang warga setempat Mohammad Ilham mengatakan upacara yang dilakukan di sungai tersebut juga dalam rangka untuk mengajak warga agar selalu sadar pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Pertama mengisi kemerdekaan, Kedua melalui upacara di sungai ini, kami ingin mengajak semua element masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan" kata Ilham, Sabtu (17/08/2019).

Dikatakan Ilham, sungai adalah milik bersama yang perlu dijaga dan dirawat secara bersama-sama demi menyelamatkan lingkungan dari sampah yang selama ini menjadi ancaman bagi warga sekitar.

Dengan tidak membuang sampah sembarangan, kata Ilham, merupakan wujud kesadaran menjaga lingkungan, apalagi air di daerahnya adalah menjadi sumber kebutuhan kehidupan masyarakat sekitar karena masyarakat Pabian kebanyakan petani.

"Ini bagian mencintai lingkungan, sebab jika sungai tercemari dengan sampah maka akan menjadi faktor terjadinya banjir di saat musim penghujan nanti, selain itu jika sungai tercemar maka akan air yang akan mengalir ke lahan pertanian akan tersendat," ungkapnya.

Kontributor : Muhammad Madani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS