Jambret HP Pak Haji saat Turun Pesawat, Arifin Diringkus Tuhan

Agung Sandy Lesmana
Jambret HP Pak Haji saat Turun Pesawat, Arifin Diringkus Tuhan
Ilustrasi copet. (Shutterstock)

Usai bersalaman dan mengambil ponsel korban, Tuhan, kakak korban yang berada di belakang pelaku pun lantas merebutnya.

Suara.com - Polisi meringkus seorang warga bernama M Arifin alias MA (52) lantaran nekat melakukan aksi penjambretan. Parahnya, aksi kejahatan itu menimpa seorang warga yang baru pulang ke tanah air seusai melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

Polisi meringkus Arifin seusai menjambret telepon seluler milik Moh Arifin (45), adik kandung Tuhan Prayitno (53) yang baru tiba di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jatim, Rabu (21/8/2019).

Usai bersalaman dan mengambil ponsel korban, Tuhan, kakak korban yang berada di belakang pelaku pun lantas merebutnya. Sontak upaya penangkapan tersebut pun mengundang keluarga dan warga lain untuk mengeroyok sang pelaku. 

"Dia (pelaku) awalnya mengajak adik saya (korban) bersalaman karena pulang haji. Selanjutnya pelaku mengambil HP (handphone) adik saya,” kata Tuhan Prayitno seperti dikutip dari Beritajatim.com, Kamis (22/8/2019).

Pencopet yang tertangkap dan dihajar massa usai ketahuan ambil ponsel haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jatim, Rabu (21/8/2019).[Beritajatim/manik priyo prabowo]
Penjambret yang tertangkap dan dihajar massa usai ketahuan ambil ponsel haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jatim, Rabu (21/8/2019).[Beritajatim/manik priyo prabowo]

Mujurnya, nyawa MA masih bisa diselamatkan dari amukan massa setelah polisi dan petugas keamanan yang sedang berjaga di Asrama Haji mendatangi lokasi penjambretan.

Iptu Kastur, Kanit Turjawali (Pengaturan Pengawalan dan Lalulintas) Polrestabes Surabaya menjelaskan, aksi penjambretan itu dilakukan oleh pelaku tunggal. Hal itu diketahui setelah polisi memeriksa sang pelaku seusai diamuk massa.

Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan ponsel pintar milik korban, identitas pelaku dan kendaraan pelaku.

“Pelaku akan diamankan ke Polsek Sukolilo, untuk pemeriksaan awal pelaku mengaku bermain sendirian,” katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS