Sumenep Punya Kartu Cerdas Pelajar untuk Absen Online dan Tabungan

Chandra Iswinarno
Sumenep Punya Kartu Cerdas Pelajar untuk Absen Online dan Tabungan
Kepala Disdik Sumenep Bambang Irianto. [Suara.com/M Madani]

Setiap siswa yang memiliki kartu ini dengan sendirinya langsung bisa menabung di Bank Jatim, sebab dalam hal ini Disdik bekerjasama dengan Bank Jatim.

Suara.com - Untuk menunjang program Digital School yang telah dilaunching beberapa bulan lalu, Kini Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengeluarkan kartu cerdas yang berfungsi sebagai tabungan serta absensi online bagi siswa pada saat masuk kelas dan pulang dari sekolah.

Dengan diterapkannya program ini, orang tua atau wali siswa dapat memantau anaknya dari jarak jauh di manapun berada. Sebab dalam pelaksanaannya nanti, setiap kali siswa masuk kelas maka kartu itu harus digesekan terlebih dahaulu.

"Begitu juga pada saat siswa pulang dari sekolah, kartu itu kembali digesekkan, dan ini terkoneksi langsung ke nomor wali siswa," kata Kepala Disdik Sumenep Bambang Irianto, Selasa (17/09/2019).

Dikatakan Bambang, kartu cerdas ini secara tidak langsung akan mengajarkan siswa untuk berprilaku disiplin dalam mengikuti pelajaran dan juga tidak bolos mengikuti proses KBM. Melalui kartu cerdas, aktivitas siswa akan terpantau oleh orang tuanya masing-masing dan juga guru di sekolah.

Selain itu, kartu cerdas ini juga berfungsi sebagai tabungan bagi siswa. Setiap siswa yang memiliki kartu ini dengan sendirinya langsung bisa menabung di Bank Jatim, sebab dalam hal ini Disdik bekerjasama dengan Bank Jatim.

Dengan kartu cerdas ini Disdik Sumenep ingin mengajak dan mengajarkan siswa agar rajin menabung lagi demi masa depannya kelak. Kenapa harus memilih menabung di Bank, karena agar lebih aman sehingga kedepan tidak akan ada cerita tabungan siswa raib oleh oknum guru.

"Sebagai tahap percobaan, program ini akan diterapakan di 10 SMP negeri yang telah melaksanakan program Digital School, Mohon doanya semoga lancar karena ini masih percobaan" jelasnya.

Kontributor : Muhammad Madani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS