BMKG Minta Warga Surabaya Waspadai Angin Downburst di Musim Pancaroba

Chandra Iswinarno
BMKG Minta Warga Surabaya Waspadai Angin Downburst di Musim Pancaroba
Papan reklame yang berada di Hotel Garden Palace Kota Surabaya tumbang pada Kamis (14/11/2019). [Suara.com/Dimas Angga P]

Ari menyebut angin tersebut sama membahayakan dengan angin puting beliung.

SuaraJatim.id - Terjangan angin kencang yang terjadi di Kota Surabaya menyebabkan satu papan reklame dan beberapa pohon tumbang.

Angin kencang yang diprediksi berkecepatan sekitar 30 kilometer/jam tersebut mampu merobohkan papan reklame yang berada di Hotel Garden Palace Surabaya pada Kamis (14/11/2019).

"Iya, tadi terjatuh setelah ada angin. Beruntung tidak mengenai pengunjung, hanya mobil dari Hotel (Garden Palace) yang mengalami lecet," ujar keamanan hotel, Mulyadi di lokasi.

Sementara itu pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat menyebut fenomena angin kencang yang terjadi di Kota Pahlawan tersebut cukup berbahaya.

"Terpantau dari Radar cuaca, ada angin dengan kecepatan kurang lebih 30 kilometer/jam. Angin ini disebabkan dari awan kumulonimbus," ujar Kepala Kelompok Forecaster Stasiun Meteorologi Tanjung Perak Surabaya, Ari Widjayanto.

Ari menyebut angin tersebut sama membahayakan dengan angin puting beliung.

"Ini angin yang cukup membahayakan seperti halnya angin puting beliung yang sama-sama bersifat merusak, tapi memiliki karakter yang berbeda," katanya.

Lebih jauh, ia mengemukakan angin tersebut bisa terjadi kapan saja, saat terbentukanya awan kumulonimbus.

"Inilah yang disebut angin downburst atau angin hempasan dari awan kumulonimbus tersebut. Masyarakat diimbau lebih menjaga kewaspadaan karena angin ini sebenarnya lebih sering terjadi sebelum hujan turun, walau dengan kekuatan angin yang berbeda. Khususnya, di masa peralihan dengan hujan yang bersifat sporadis," ungkapnya.

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS