Tarik Baju hingga Kaki Digigit, Aksi Heroik Bumil Bikin Penjambret Keok

Agung Sandy Lesmana
Tarik Baju hingga Kaki Digigit, Aksi Heroik Bumil Bikin Penjambret Keok
Tri Erna Maulid Fiana korban jambret menjelaskan kronologi perampasan ponsel. (istimewa).

"Saya dibantu warga untuk melumpuhkan pelaku. Kemudian pelaku membuang ponsel saya saat dia jatuh itu, kata Erna.

SuaraJatim.id - Meski dalam kondisi hamil, wanita muda bernama Tri Erna Maulid Fiana (23) nekat melumpuhkan pelaku kejahatan yang berupa menjambret telepon seluler miliknya

Warga Desa Padomasan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember itu menceritakan, peristiwa penjambretan saat dia pulang dari Yosowilangun, pada Senin (9/12/2019) malam.

"Tiba-tiba saya dipepet orang tidak dikenal dari arah kiri yang akan menjambret ponsel,” kata Erna seperti dikutip dari Jatimnet.com, Rabu (12/12/2019).

Setelah ponselnya berpindah tangan ke pelaku, wanita berhijab ini pun langsung mengejar pelaku yang diketahui bernama Agus Widanto (40), warga Dusun Krajan, Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun, Lumajang. Bahkan, Erna makin dongkol karena merasa diremehkan pelaku.

"Pelaku seperti ngece (pamer) dan menunjukkan ke saya dari sepeda motornya. Dia balik arah. Makanya saya langsung mengejar dan menarik bajunya. Saya jatuh, dia juga jatuh,” papar Erna.

Setelah pelaku terjatuh karena ditarik kerah bajunya, Erna menggigit kaki pelaku. Beberapa detik kemudian, pelaku berteriak meminta tolong. Teriakan yang cukup keras, itu membuat warga berdatangan. Kebetulan mobil polisi yang sedang berpatroli, datang ke lokasi.

"Saya dibantu warga untuk melumpuhkan pelaku. Kemudian pelaku membuang ponsel saya saat dia jatuh itu, kata Erna.

Dihubungi terpisah, suami korban, Muhammad Nur Wahid mengaku bangga sekaligus miris dengan keberanian sang istri. “Miris karena posisi istri saya sedang hamil,” ujar Wahid yang juga aktivis pemberdayaan sosial dan buruh tersebut.

Di sisi lain, ada hikmah tersendiri dari peristiwa tersebut. Yakni agar lebih berhati-hati terutama saat berkendara di malam hari. Sebab saat kejadian itu posisi HP istrinya ditaruh di dasbor (kendaraan matic). Posisi itu memudahkan jambret melakukan perampasan.

Sementara itu, anggota reskrim Polsek Jombang, Bripka Fadil Lora, membenarkan peristiwa tersebut.

“Saat itu kami melintas dan langsung mengamankan pelaku berikut barang bukti berupa ponsel merek Samsung. Kami juga mengamankan motor matic Yamaha Mio milik pelaku,” kata Fadil kepada Jatimnet.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS