Banjir Bandang Kecamatan Ijen Surut, Sebagian Warga Bertahan di Rumah

Bangun Santoso
Banjir Bandang Kecamatan Ijen Surut, Sebagian Warga Bertahan di Rumah
Banjir bandang di Bondowoso. (Suara.com/Ahmad Suudi)

Banjir bandang menyisakan tumpukan lumpur setinggi kurang lebih 30 centimeter

SuaraJatim.id - Banjir bandang yang terjadi di Desa Sempol dan Kalisat, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, telah surut pada Rabu (29/1) sekitar pukul 16.00 WIB. Sebagian warga tetap bertahan di rumah masing-masing malam harinya meski masih banyak lumpur di jalan dan rumah.

Bukarto (50) salah satu warga Desa Kalisat mengatakan, tetangganya sebagian telah mengungsi ke pos pengungsian di Desa Sempol. Desa Sempol memiliki dataran yang lebih tinggi sehingga dinilai lebih aman, meskipun juga sempat dilewati aliran banjir.

Namun sebagian lagi tetap berdiam diri di rumah dan merencanakan jalur evakuasi sendiri bila banjir susulan datang.

"Keluarga sini mengungsi semua ke pos. Kalau ini (yang tidak mengungsi) siap-siap lari ke belakang, ada rumah yang lebih tinggi kalau ada susulan," kata Bukarto, Rabu (29/1/2020).

Pantauan di lapangan, dampak paling parah terjadi di kanan dan kiri sebuah sungai yang membelah pemukiman. Kerusakan kebanyakan terjadi pada perabot di dalam rumah, seperti meja, kursi, tempat tidur, bupet dan peralatan elektronik.

Bekas lumpur yang nampak di tembok berbeda-beda, dari sekitar 30 sentimeter sampai separuh tembok rumah. Sebagian warga berusaha membersihkan rumah mereka dari lumpur hingga malam dibantu personil pemerintahan.

Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah yang datang ke lokasi melihat dampak banjir di rumah sebagian warga. Dia juga mengimbau agar masyarakat yang terdampak banjir tinggal sementara ke pos evakuasi di Desa Sempol.

"Dan mengimbau masyarakat untuk berlindung atau berkumpul di titik-titik yang sudah kita tentukan," kata Febriansyah.

Dari catatan kepolisian terdapat 211 rumah rusak di dua desa, empat di antaranya rusak berat. Sementara warga yang berkumpul di pos pengungsian diperkirakan 100 orang, lainnya menumpang ke saudara atau tetangga.

Sebelumnya diberitakan terjadi banjir bandang berisi material lumpur dan kayu di dua desa di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020). Bukan berasal dari luapan sungai, banjir itu datang dari hulu di Gunung Suket yang mendapatkan curah hujan tinggi beberapa hari terakhir.

Kontributor : Ahmad Su'udi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS