Wasiat Gus Sholah di Akhir Hayatnya, Akhirnya Akan Terkabul

Pebriansyah Ariefana
Wasiat Gus Sholah di Akhir Hayatnya, Akhirnya Akan Terkabul
Makam Gus Sholah. (Suara.com/Arry Saputra)

Gus Sholah dimakamkan sore ini.

SuaraJatim.id - Salahuddin Wahid atau Gus Sholah mempunyai wasiat terakhir sebelum dia meninggal dunia. Wasiat Gus Sholah adalah dimakamkan di sebelah makam Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, kakaknya.

Jenazah Gus Sholah diberangkatkan dari rumah duka menuju Surabaya dengan pesawat melalui Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 08.30 WIB. Gus Sholah akan dimakamkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Dikabarkan jenazah akan tiba di Ponpes sekitar pukul 14.00 WIB.

Wakil Yayasan Ponpes Tebuireng, Slamet Habib menyampaikan bahwa jenazahnya akan diletakkan berdampingan dengan ayahanda, Wahid Hasyim dan kakaknya, Gus Dur.

"Nanti dimakamkan di utaranya abahnya Gus Sholah, Abah Wahid Hasyim dan sebelah baratnya Gus Dur," kata Slamet, Senin (3/2/2020).

Proses penggalian makam, kata Slamet telah dilakukan sejak pukul 08.00 WIB. Letak pemakaman tersebut telah ditentukan oleh keluarga dengan kedalaman sekitar 1,5 meter.

Sebelum wafat, Gus Sholah berwasiat ketika meninggal ia meminta makanya di letakkan di samping keluarganya.

"Gus Sholah pesen dulu disitu akhirnya keluarga juga sepakat," ujarnya.

Slamet menambahkan jika pemakaman Gus Sholah akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD.

"Insy Allah yang hadir nanti Bu Khofifah, Pak Mahfud juga Insya Allah. Kalau pak presiden dengan wakilnya Maruf Amin sudah di Jakarta," katanya.

Hingga pukul 10.30 WIB, para santri yang ada di Ponpes Tebuireng masih terus membacakan ayat-ayat Al Quran yang untuk almarhum Gus Sholah.

Kontributor : Arry Saputra

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS