Polisi Periksa Pembuat Hoaks Virus Corona Menjangkiti Warga Blitar

RR Ukirsari Manggalani
Polisi Periksa Pembuat Hoaks Virus Corona Menjangkiti Warga Blitar
Ilustrasi hoaks [Shutterstock].

Berita hoaks Virus Corona atau COVID-19 di Blitar meresahkan warga. Kekinian, Polisi tngah memeriksa tersangka.

SuaraJatim.id - Anggota Satreskrim Polres Blitar dikabarkan telah mengamankan pembuat berita bohong tentang 15 warga Blitar dinyatakan positif Virus Corona atau COVID-19. Informasi yang dihimpun, Polisi saat ini tengah memeriksa pembuat kabar palsu itu.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya membenarkan hal ini. Namun ia tidak menjelaskan secara pasti dan kapan waktu penjemputan terhadap warga diduga pembuat kabar hoaks tadi.

Berita Hoaks Corona di Blitar [bidik layar Ist].
Berita Hoaks Corona di Blitar [bidik layar Ist].

"Ya benar (sudah diamankan dan sedang dalam proses pemeriksaan)," jawab AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya melalui komunikasi pesan WhatsApp, Selasa (17/3/20) malam.

Ia belum menyebutkan identitas warga yang diperiksa oleh penyidik. Dan hanya memberi isyarat jika yang sedang diperiksa terkait kabar bohong itu adalah seorang pemuda.

"(Warga yang sedang diperiksa) Cowok," balasnya singkat.

Sebelumnya warga Blitar sempat dibuat risau dengan kabar palsu yang menyebutkan bila ada warga Kabupaten Blitar yang dinyatakan positif Virus Corona dan tersebar di enam kecamatan.

"Instruksi dari Bapak Bupati Blitar hari ini. Blitar sudah terkena wabah Corona. Yang sudah terjangkit daerah Wlingi, Ponggok, Udanawu, Nglegok, Selopuro, Gandusari. Dengan jumlah positif suspect Corona 15 orang. Pasien daerah Nglegok ada 1 yang dirujuk ke Malang," demikian bunyi pesan berantai yang dipastikan hoaks ini.

Sementara hingga saat ini, Pemkab Blitar sudah mendata ada tiga postingan hoax tentang Virus Corona yang tersebar di jagat maya warga Blitar.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

Kontributor : Farian

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS