Kisah Desa Pujiharjo Berani Tolak Warga Luar Masuk Demi Selamat dari Corona

Pebriansyah Ariefana
Kisah Desa Pujiharjo Berani Tolak Warga Luar Masuk Demi Selamat dari Corona
Kisah Desa Pujiharjo. (TimesIndonesia)

Desa itu ada di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

SuaraJatim.id - Warga Desa Pujiharjo berani menolak orang luar masuk ke desa itu demi terbebas dari corona. Desa itu ada di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Desa Pujiharjo menerapkan aturan warga bagi luar daerah dilarang masuk di desa tersebut, selama diterapkan PSBB Malang Raya.

Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso mengatakan hingga saat ini masyarakatnya tidak terpengaruh dengan adanya penerapan PSBB Malang Raya.

"Cuma warga luar desa yang bergantung mata pencahariannya terganggu. Karena kami menerapkan larangan warga luar daerah masuk ke desa," ujarnya kepada TIMES Indonesia (jaringan Suara.com), Selasa (19/5/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, masyarakat luar daerah yang tidak boleh masuk di antaranya, pedagang, sales, serta wisatawan.

"Kami melakukan portal di pintu masuk desa. Portal tersebut dijaga oleh petugas linmas selama 24 jam," ungkapnya.

Dia menyebutkan, selain Linmas, masyarakat, pemuda desa, Banser, serta perangkat desa juga turut melakukan pengamanan di portal tersebut.

"Sistem jaganya bergantian. Sehingga portal harus ada yang menjaga, agar pergerakan masyarakat terpantau," tuturnya

Selama diberlakukan PSBB Malang Raya, dia menyebutkan di Desa Pujiharjo aktif melakukan bakti sosial salah satunya dengan melakukan pengecatan rumah ibadah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS