Warga Trenggalek Tertular Corona Saat Naik Bis ke Wisma Atlet Jakarta

Chandra Iswinarno
Warga Trenggalek Tertular Corona Saat Naik Bis ke Wisma Atlet Jakarta
Ilustrasi virus Corona Covid-19 - (Pixabay/geralt)

Pasien bernomor 39 tersebut dibolehkan pulang usai menjalani tes di Wisma Atlet karena dinyatakan negatif swab.

SuaraJatim.id - Satu warga Kabupaten Trenggalek dinyatakan positif Virus Corona usai melakukan perjalanan menggunakan bus menuju Wisma Atlet. Perjalanan pasien tersebut diketahui dalam rangka melakukan medical test untuk bepergian ke Jepang.

Dalam laporannya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona setempat Murti Rukyiandari mengatakan, berdasarkan hasil tracing, pasien tiba dari Jepang ke Trenggalek pada 1 Juni 2020 silam. Pasien bernomor 39 tersebut dibolehkan pulang usai menjalani tes di Wisma Atlet karena dinyatakan negatif swab.

Namun setiba di rumahnya yang beralamat di Desa Sumberingin, pasien sempat menjalani isolasi mandiri dan beraktivitas sebagai peternak puyuh. Setelah sebulan, ia kembali mendapat panggilan ke Jepang sebagai ABK sehingga diminta untuk menjalani medical test di Wisma Atlet. Saat dilakukan tes swab tersebut, yang bersangkutan ternyata positif Virus Corona.

"Kesimpulan sementara yg didapatkan dari hasil tracing, bahwa Pasien (nomor) 39, laki-laki, 48 tahun dari Desa Sumberingin, Kecamatan Karangan kemungkinan terpapar virus saat perjalanan dari Trenggalek ke Jakarta dengan menggunakan Transportasi Umum/Bus," jelasnya pada Senin (13/7/2020) sore.

Dia mengemukakan, dalam sehari, total ada empat penambahan pasien COVID-19 di Trenggalek. Selain seorang ABK Jepang, tiga penambahan lainnya merupakan pasien dengan riwayat perjalanan dari Surabaya dan Malang.

Pasien pulang dari Surabaya ialah perempuan berusia 46 tahun dari Desa Besuki Kecamatan Panggul. Berikutnya seorang pria berumur 59 tahun asal Desa Sukosari Kecamatan Trenggalek.

Sedangkan penambahan lainnya ialah pria 59 tahun warga Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan yang baru pulang dari Malang.

"Untuk pasien 39 melanjutkan Isolasi di Wisma Atlet. Pasien 40, 41 dan 42 saat ini masih dirawat di Isolasi di Asrama Covid-1 BKD dan asrama 2 Dinkes PPKB. (Pemkab Trenggalek) Melakukan tracing dan pendalaman lebih lanjut terhadap kontak erat Pasien 39, 40,  41 dan 42," ujarnya.

"Sehingga sampai saat ini jumlah kasus ada 42 orang. 22 dinyatakan sembuh tersisa 20 orang belum sembuh yaitu 12 orang berada di Asrama Covid-1 dalam kondisi sehat, 6 orang di asrama Covid 2 Dinkes PPKB, 1 orang di RSUD dan 1 orang di Wisma Atlet Jakarta."

Kontributor : Farian

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS