Gubernur Jatim Khofifah Imbau Tidak Takbir Keliling, di Masjid Saja

Pebriansyah Ariefana
Gubernur Jatim Khofifah Imbau Tidak Takbir Keliling, di Masjid Saja
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai melakukan rapat evaluasi masa transisi menuju kenormalan baru di Kota Malang. [Antara]

Boleh sholat Idul Adha di masjid maupun lapangan terbuka. Namun dengan menjaga ketat protokol kesehatan.

SuaraJatim.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa imbau warganya tidak takbir keliling. Dia mengimbau warga Jawa Timur takbiran di masjid.

Hanya saja, mereka boleh sholat Idul Adha di masjid maupun lapangan terbuka. Namun dengan menjaga ketat protokol kesehatan.

Kebijakan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Timur Nomor 451/10475/012.1/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Idul Adha 1441 H/2020 M pada situasi Pandemi Covid-19.

Dalam aturan tersebut memuat aturan untuk empat kegiatan meliputi kegiatan takbiran menyambut Idul Adha, Penyelenggaraan sholat Idul Adha, penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian daging kurban.

“SE ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama No.18 Tahun 2020 dan Fatwa MUI No.36 Tahun 2020,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya seperti dilansir beritajatim.com, Selasa (28/7/2020).

Meski diperbolehkan menyelenggarakan sholat Idul Adha, namun ada sejumlah syarat yang wajib dipenuhi. Mengingat Jawa Timur belum sepenuhnya bebas Covid-19.

Khofifah menerangkan, pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban harus memperhatikan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Kecuali pada tempat-tempat yang dianggap masih belum aman Covid-19 oleh pemerintah daerah atau Gugus Tugas Daerah.

“Selain itu, bagi warga lanjut usia yang rentan tertular penyakit, serta orang dengan sakit bawaan yang beresiko tinggi terhadap covid-19 diimbau untuk tidak mengikuti Salat Idul Adha di masjid atau lapangan,” tuturnya.

Terkait kegiatan takbiran, lanjut Khofifah, Pemprov mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan takbiran keliling.

Takbiran dapat dilaksanakan di masjid, musala dan rumah masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS