alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ibarat Makanan, Apakah Pelumas Mesin Juga Bisa Basi?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Sabtu, 24 Oktober 2020 | 19:15 WIB

Ibarat Makanan, Apakah Pelumas Mesin Juga Bisa Basi?
Deretan pelumas dari pelbagai merek. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Jangan terburu-buru menyatakan oli atau pelumas tak bisa dipakai karena basi atau kedaluwarsa. Lakukan pengamatan seperti di bawah ini.

SuaraJatim.id - Pelumas kendaraan bermotor atau biasa dikenal sebagai oli mesin terbuat dari beberapa zat aditif. Seluruh materi penyusunnya memenuhi standarisasi tertentu dan terbuat dari campuran base oil. Bila diibaratkan makanan, ada anggapan menyebutkan bahwa oli bisa basi atau kedaluwarsa bila sudah lama disimpan dan tidak pernah digunakan.

Benarkah oli yang tersimpan lama sama sekali tidak bisa digunakan?

Jawabannya: tergantung bagaimana pelumas atau oli itu disimpan.

Dikutip Suara.com, jaringan SuaraJatim.id, dari laman Deltalube, apabila oli disimpan dalam keadaan tertutup rapat dan diletakkan di tempat yang sejuk, jauh dari debu dan sinar matahari, maka masih bisa bekerja dengan baik.

Pelumas adalah "darah" bagi dapur pacu atau mesin [Shutterstock]
Pelumas adalah "darah" bagi dapur pacu atau mesin [Shutterstock]

Tips agar oli yang lama disimpan bisa memberikan kinerja maksimal: kocok terlebih dahulu agar kandungan di dalam botol tercampur secara merata.

Oli yang disimpan dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan komponen dalam oli terpencar, sehingga membutuhkan pencampuran kembali pada saat digunakan.

Zat aditif pada oli mesin merupakan salah satu kandungan yang kualitasnya bisa dengan mudah berubah akibat kondisi di lingkungan sekitarnya.

Di negara tropis seperti Indonesia, dengan tingkat kelembapan udara yang tinggi, kondisi ini dapat dengan mudah mempengaruhi kondisi aditif dalam pelumas.

Bila menjumpai oli yang tidak bisa digunakan kembali atau sudah kadaluarsa, di sini terjadi faktor eksternal, seperti oksigen, air, debu dan kotoran. Ketika oli sudah tercampur dengan salah satu komponen ini, maka sudah mengalami penurunan kualitas dan tidak bisa digunakan lagi.

Tips mengenali oli kedaluwarsa sebagai berikut:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait