alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pakai Teknologi Ini, Pasang Sabuk Pengaman dalam Gelap Tak Masalah

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Selasa, 17 November 2020 | 21:55 WIB

Pakai Teknologi Ini, Pasang Sabuk Pengaman dalam Gelap Tak Masalah
Ilustrasi sabuk pengaman di kursi penumpang [Shutterstock]

Nama fiturnya Simply Clever. Sepertinya sederhana saja, namun sangat membantu pengguna mobil.

SuaraJatim.id - Bepergian malam hari dan mesti meraba-raba agar bisa pasang seatbelt atau sabuk pengaman, bahkan kadang-kadang ada risiko jari tangan terjepit? Tenang, situasi begini tak akan terjadi lagi. Skoda telah mempatenkan teknologi sabuk pengaman bisa menyala. Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna mobil yang kesulitan memasang sabuk pengaman di malam hari atau saat gelap.

Teknologi ini dikembangkan sebagai bagian dari fitur Simply Clever oleh pembuat mobil asal Republik Ceko itu. Cara kerjanya, sabuk pengaman akan menyala warna merah di malam hari, dan baru padam lantas berubah warna menjadi hijau, bila sabuk sudah terkunci dan posisi sabuk terpasang dengan benar.

Sistem ini menggunakan tombol plastik bening sebagai pengganti tombol merah konvensional, sementara LED internal akan menerangi bagian sabuk. Skoda menggunakan pola kristal yang dapat menyebarkan cahaya sehingga seluruh tombol tampak bersinar, dan driver ataupun penumpang dapat dengan mudah memasang sabuk pengaman dalam kondisi gelap.

Dan tambahan lagi, ada sensor di dasar jok juga berkemampuan mengenali keberadaan pengguna. Jika tidak ada orang di atas jok, maka lampu secara otomatis akan mati.

Fitur Simply Clever yang dipatenkan Skoda, yaitu seatbelt atau sabuk pengaman dilengkapi indikator [Skoda via Motor1].
Fitur Simply Clever yang dipatenkan Skoda, yaitu seatbelt atau sabuk pengaman dilengkapi indikator [Skoda via Motor1].

Teknologi cahaya pada sabuk pengaman adalah salah satu dari sejumlah fitur yang diciptakan Skoda di bawah inisiatif Simply Clever.

"Hidup lebih mudah, lebih aman, dan lebih menyenangkan bagi pemilik dan pengemudi," tulis Skoda, dikutip dari Motor1.

Pada 2019, Skoda sendiri telah mengajukan sebanyak 94 permohonan paten. Jumlah ini lebih banyak dari perusahaan lain mana pun di Republik Ceko.

Bahkan daftar inovasi Skoda yang saat ini dilindungi hak paten semakin tidak terbatas. Perusahaan juga pernah mengajukan paten berupa alas karpet yang terbuat dari kain serat berlubang. Konstruksi seperti ini memudahkan pemilik mobil membersihkan kotoran yang biasa terselip di sela karpet.

"Gesper sabuk pengaman bercahaya hanyalah salah satu dari banyak fitur yang dirancang, dirancang, dan direkayasa sendiri di Skoda," demikian disampaikan juru bicara Skoda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait