alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hand Sanitizer Kedaluwarsa, Apakah Aman Digunakan?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi Rabu, 25 November 2020 | 07:25 WIB

Hand Sanitizer Kedaluwarsa, Apakah Aman Digunakan?
Hand Sanitizer. (Shutterstock)

Stok hand sanitizer menumpuk di rumah. Coba cek tanggal kedaluwarsanya, ya!

SuaraJatim.id - Hand sanitizer, kini mungkin tak begitu sering digunakan, lantaran kita lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun. Akibatnya, stok hand sanitizer di rumah pun menumpuk. Lalu, kapan hand sanitizer kedaluwarsa? Dan amankah jika nanti digunakan?

Mengutip Healthline, Senin (23/11/2020), berdasarkan aturan badan pengawas obat dan makanan AS atau FDA, produk kesehatan seperti hand sanitizer juga harus memiliki tanggal kedaluwarsa.

Sedangkan rekomendasi produsen, produk hand sanitizer idealnya digunakan maksimal 2 hingga 3 tahun setelah tanggal produksi. Tapi faktanya, hand sanitizer yang sudah kedaluwarsa tetap efektif digunakan, selama kandungan alkohol dan bahan aktif lainnya masih terkandung di dalam hand sanitizer.

Meski bahan aktifnya berkurang, tapi hand sanitizer tetap tidak akan berbahaya jika digunakan. Meski begitu, tetap saja disarankan hand sanitizer sebaiknya diganti setelah mencapai tanggal kedaluwarsa, karena keefektifannya akan berkurang

Baca Juga: Pandemi Covid-19 di Spanyol: Kasus Anak Keracunan Hand Sanitizer Meroket

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasi produk pembersih tangan harus terkandung minimal 60 persen alkohol. Semakin tinggi kadar alkohol, akan semakin efektif membasmi bakteri dan virus.

Tapi sayangnya, alkohol sebagai bahan aktif pembersih tangan ini mudah menguap saat terpapar udara. Sehingga seiring berjalannya waktu, meskipun wadah hand sanitizer melindungi dari udara, tapi wadah itu tidak kedap udara. Alkohol pun akan menguap, dan bahan aktif hand sanitizer untuk membersihkan tangan akan semakin berkurang, membuat efektivitasnya berkurang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait