alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hoaks! Isu Kasdim 0817 Gresik Meninggal Usai Suntik Vaksin Sinovac

Muhammad Taufiq Senin, 18 Januari 2021 | 17:21 WIB

Hoaks! Isu Kasdim 0817 Gresik Meninggal Usai Suntik Vaksin Sinovac
Staf Kodim 0817 Kabupaten Gresik, Sugeng Riyadi diisukan meninggal dunia [Foto: Beritajatim]

Staf Kodim 0817 Kabupaten Gresik, Sugeng Riyadi, diisukan meninggal dunia setelah disuntik Vaksin Sinovac. Padahal Sugeng sehat walafiat.

SuaraJatim.id - Baru-baru ini beredar informasi hoaks di media sosial dan aplikasi berbagi pesan WhatsApp group (WAG) yang mengatakan kalau Kepala Staf Kodim 0817 Kabupaten Gresik, Sugeng Riyadi, meninggal dunia setelah disuntik Vaksin Sinovac.

Kabar ini menghebohkan publik di Jawa Timur sebab dalam waktu berdekatan sedang gencar Program Vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah, terutama di Gresik sendiri.

Kabar ini sampai direspons oleh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V Brawijaya Kolonel Imam Hariadi. Imam memastikan kalau kabar tersebut palsu dan tidak benar.

Imam menjelaskan, yang meninggal adalah Danramil Kebomas, Mayor Gator. Itu pun dikarenakan sakit lambung, bukan karena Vaksin Covid-19.

Baca Juga: Pemkab Malang Minta Tambahan 5 Dosis Vaksin Jatah Influencer

"Berita yang beredar di Grup Media Sosial (Whatshapp) bahwa Kasdim 0817 meninggal itu tidak benar, dan itu berita hoax,” kata Kapendam Kodam V Beawijaya, seperti dikutip dari beritajatim.com--jejaring media suara.com, Senin (18/01/2021).

"Yang meninggal itu Danramil Kebomas, itu pun meninggal karena sakit lambung dan bukan karena Vaksin Covid-19," tambahnya.

Sementara itu terkait dengan berita Hoax yang menyatakan bahwa Kasdim 0817 Gresik meninggal, Polda Jatim akan berkoordinasi dengan Tim Cyber Ditreskrimsus untuk melakukan upaya pencarian dan menelusuri penyebar berita tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan tim cyber distreskrimsus untuk menindaklanjuti penyebar berita hoax tersebut," ujarnya.

Kasdim 0817 Gresik Masih Sehat Walafiat

Baca Juga: Dicari! Penyebar Hoaks Kasdim 0817 Meninggal Usai Divaksin Covid-19

Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) 0817 Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi segar bugar setelah diisukan meninggal usai disuntik vaksin sinovac bersama jajaran forkopimda.

Akibat berita hoaks yang tidak benar itu, Kasdim 0817 sempat menerima banyak telepon dari pimpinannya serta orang terdekatnya.

Berdasarkan informasi internal dari Makodim 0817 Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi tadi pagi masih mengikuti kegiatan apel pagi bersama Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail. Sehingga, tidak benar atau hoaks yang bersangkutan meninggal dunia.

Imbas adanya berita hoaks tersebut, Kasdim 0817 sampai kewalahan membalas pesan WA yang dikirim ke dirinya. Bahkan, terkait dengan kejadian ini Kodam V Brawijaya memerintahkan membuat video kondisi Mayor Inf Sugeng Riyadi.

Secara terpisah mengenai informasi hoaks tersebut, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto memerintahkan anggotanya untuk memburu penyebar hoaks yang bisa menyebabkan memperkeruh suasana yang sudah kondusif.

"Kami masih melakukan penyelidikan siapa penyebar hoaks di salah satu pesan berantai WA yang menyesatkan itu," ujarnya, Senin (18/01/2021).

Hal senada juga dikemukakan oleh Wabup Gresik M.Qosim. Mengenai kabar ada anggota Kodim 0817 yang jatuh sakit dan meninggal setelah mendapat vaksin, itu tidak benar atau berita hoaks.

"Kasdim atas nama Mayor Inf Sugeng Riyadi yang sudah melaksanakan suntik vaksin sinovac gelombang pertama Jumat (14/1) lalu sampai saat ini sehat walafiat," pungkasnya.

Kasus berita hoaks tersebut, bermula ada pesan berantai di salah medsos. Bahwa, ada ada anggota Kodim 0817 Gresik diisukan meninggal dunia setelah menjalani vaksinasi.

Di WA itu ada foto almarhum Danramil Kebomas Mayor Kav Gatot. Yang bersangkutan meninggal dunia karena sakit dan tidak ada sangkut pautnya dengan Kasdim 0817 Gresik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait