alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Setelah Warga Bali, Giliran Warga Banyuwangi Digegerkan Suara Dentuman

Muhammad Taufiq Senin, 25 Januari 2021 | 15:20 WIB

Setelah Warga Bali, Giliran Warga Banyuwangi Digegerkan Suara Dentuman
Ilustrasi langit. (unsplash/Daniel Olah).

Kemarin warga Bali digegerkan suara dentuman keras, sekarang giliran warga Banyuwangi, Jawa Timur.

SuaraJatim.id - Kemarin warga Buleleng Bali digegerkan suara dentuman keras. Sekarang giliran warga Banyuwangi, Jawa Timur.

Dentuman keras di Banyuwangi ini, menurut warga, asalnya dari langit. Namun sampai sekarang masih menjadi teka teki di kalangan warga dari mana sumbernya.

Warga Banyuwangi banyak yang menduga asal suara itu dari Gunung Raung. Namun hingga sore ini belum ada kepastian dari mana muasal suara dentuman keras tersebut berasal.

"Kejadiannya kemarin sekitar pukul 09.30 Wib. Cuma sampai sekarang masih penasaran," kata Nur Wahid Azis, warga lereng Gunung Raung yang bermukim di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, seperti dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring suara.com, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Suara Dentuman dari Buleleng yang Terdengar Sampai Banyuwangi Masih Misteri

Nur Wahid mengatakan, suara yang terdengar tersebut mirip dengan suara gemuruh Gunung Raung sewaktu erupsi Tahun 2015 silam.

"Entah suara gemuruh dari petir, suara Gunung Raung atau suara yang lainnya. Kurang tau saya," ungkap Wahid.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung memastikan jika suara gemuruh tersebut bukan berasal dari Gunung Raung.

"Bukan, bukan dari Gunung Raung. Kemungkinan dari Buleleng Bali," kata Kepala PPGA Raung, Mukijo kepada TIMESIndonesia.

Menurut Mukijo, suara dentuman itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan Gunung Raung, meski tengah mengalami peningkatan aktivitas vulkanis.

Baca Juga: Diciduk di Bali, Selebgram Syiva Angel Sudah 3 Bulan Pakai Narkoba

"Justru seismiknya masih tinggi, jadi belum bisa dikatakan menurun, seismiknya malah lebih tinggi dari kemarin," tandas Mukijo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait