alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Napi Teroris Eks Anggota JAD dan ISIS Cium Merah-Putih dan Ikrar Setia NKRI

Muhammad Taufiq Kamis, 25 Februari 2021 | 15:44 WIB

Napi Teroris Eks Anggota JAD dan ISIS Cium Merah-Putih dan Ikrar Setia NKRI
Mukarram Bin Sabirin, narapidana teroris (Napiter) di Lapas Porong, Sidoarjo, Jawa Timur [Suara.com/Arry Saputra]

Mukarram Bin Sabirin, narapidana teroris (Napiter) di Lapas Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, hari ini mengucapkan ikrar setia pada NKRI.

SuaraJatim.id - Mukarram Bin Sabirin, narapidana teroris (Napiter) yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, hari ini mengucapkan ikrar setia kepada NKRI.

Pengucapan ikrar tersebut dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas I Surabaya di Porong, Gun Gun Gunawan. Sebelum menyatakan ikrarnya, Mukarram menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Di hadapan para saksi pria tersebut terlihat menyatakan ikrar dari lubuk hati yang paling dalam. Setelah membaca ia kemudian membubuhkan tanda tangan pada naskah bermaterai sebagai bukti ikrar setia kepada NKRI.

Mukarram sendiri merupakan napiter yang pernah menjadi anggota JAD Indonesia, bahkan dia juga pernah menjadi anggota ISIS. Pria asal Aceh ini ditangkap oleh Densus 88 anti teror di Thailand saat akan melakukan jihad ke Suriah.

Baca Juga: Beli Segelas Kopi, Perempuan Muslim Ini Malah Dituding Anggota Teroris

Dia pun pernah divonis 3,8 tahun dan ditahan di Lapas Cikeas akhirnya dipindah ke Lapas Porong pada 2019.

Gun Gun mengatakan, apa yang dilakukan Mukarram adalah hal yang baik. Dengan hati nuraninya ia meminta ingin berikar dan menjadi warga negara yang baik. Serta berjanji akan setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami sering melakukan pendekatan terhadap napiter yang ada di Lapas Porong. Mereka saya anggap sebagai keluarga besar kami di Lapas Porong," kata Gun Gun di Lapas Porong, Kamis (25/2/2021).

Gun Gun menjelaskan, meski pendekatan tidak mudah, namun pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin dengan cara humanis terhadap sejumlah napiter yang menempati Lapas Porong. Dari 9 napiter yang ditahan sudah ada 7 napiter yang menyatakan ikrar terhadap NKRI.

"Dalam waktu dekat InsyaAllah yang belum berikrar akan menyatakan ikrarnya ke NKRI," jelas Gun Gun.

Baca Juga: Rencana Joe Biden Tutup Penjara Guantanamo Disambut Positif dan Tanda Tanya

Sementara itu, Mukarram mengatakan bahwa dirinya berjanji untuk setia kepada NKRI. Dan akan melindungi segenap tanah air Indonesia, dari segala tindakan-tindakan aksi terorisme yang dapat memecah belah persatuan Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait