alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Asupan Ini Bisa Ganggu Kekebalan Tubuh, Salah Satunya Keripik Kentang

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Minggu, 04 April 2021 | 16:07 WIB

7 Asupan Ini Bisa Ganggu Kekebalan Tubuh, Salah Satunya Keripik Kentang
Ilustrasi keripik kentang. [Shutterstock]

Selain keripik kentang, makanan apa lagi yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh?

SuaraJatim.id - Menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting selama pandemi. Sayangnya, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh tanpa Anda sadari.

Dilansir dari Healthshots, beberapa penelitian menunjukkan makanan yang tinggi kalori, gula, lemak jenuh dan mengandung garam berlebih bisa menurunkan kemampuan sistem kekebalan Anda. Inilah beberapa asupan yang sering dikonsumsi namun ternyata bisa merusak sistem kekebalan:

Kopi

Karena sifat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, kopi baik untuk kesehatan. Namun, tingkat keasaman kopi juga bisa memengaruhi tingkat keasaman secara keseluruhan dalam tubuh. Terlalu banyak asupan kafein dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan sakit perut yang akhirnya bisa menghambat sistem kekebalan Anda

Baca Juga: Unik! Termyata Ini 5 Sajian Khas Paskah dari Berbagai Negara di Dunia

Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)

Soda dan Alkohol

Minuman seperti soda, teh manis, minuman berenergi, dan alkohol dikaitkan dengan dampak negatif pada kesehatan manusia. Minuman ini dapat meningkatkan produksi hormon stres kortisol mengganggu kadar gula darah dan mengganggu fungsi insulin yang semuanya bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Permen

Lonjakan kadar gula darah setelah mengonsumsi permen bisa mengganggu jalur kekebalan dan melemahkan sistem kekebalan Anda. Permen, permen karet, dan jeli kaya akan gula yang bisa menyebabkan sistem kekebalan meningkatkan produksi radikal bebas yang melemahkan fungsinya.

Keripik kentang

Baca Juga: Kedua Bahan Kimia Berbahaya Ini Ditemukan Dalam Seribu Makanan Olahan

Kentang goreng mengandung lemak yang tinggi. Makanan yang digoreng, seperti keripik kentang, merupakan penyebab utama di balik gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan lemahnya sistem kekebalan.

7 Asupan Ini Bisa Ganggu Kekebalan Tubuh, Salah Satunya Keripik Kentang - 2
Ilustrasi daging merah. (Shutterstock)

Daging merah

Daging merah seperti sapi, babi, dan domba, mengandung lemak jenuh tingkat tinggi yang bisa menaikkan kolesterol darah. Makanan ini dapat melemahkan sistem kekebalan dan berefek buruk pada kesehatan jantung.

Roti tawar

Roti tawar, biskuit, kue, dan kue kering memiliki efek negatif pada sistem kekebalan karena terbuat dari tepung putih yang cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi. Makanan ini juga disebut bisa menyebabkan peradangan, resistensi insulin, dan penambahan berat badan.

Es krim

Siapa yang tidak suka es krim? Sayangnya, es krim biasanya dikemas dengan krim lemak dan susu yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan gula. Hal itu bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba sehingga memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait