alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Deretan Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Tercepat Sampai Terlama

Muhammad Taufiq Selasa, 13 April 2021 | 15:03 WIB

Deretan Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Tercepat Sampai Terlama
Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

Ada perbedaan waktu, termasuk durasi antara satu negara dengan lainnya karena pengaruh putaran atau rotasi bumi dan pengaruh geografisnya.

SuaraJatim.id - Ada perbedaan waktu, termasuk durasi antara satu negara dengan lainnya karena pengaruh putaran atau rotasi bumi dan pengaruh geografisnya.

Hal ini tentu memiliki konsekuensi bagi ummat Islam yang sedang menjalankan puasa Ramadhan di setiap negara tersebut. Ada yang durasi waktu puasanya cepat, ada pula yang lama sekali.

Durasi puasa orang Indonesia dengan sejumlah negara di Eropa misalnya, jelas berbeda. Begitu juga dengan negara-negara di belahan benua lain, misalnya di Amerika Selatan dan negara Asia.

Patokan seorang Muslim berpuasa adalah terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Selama itu juga, semua Muslim wajib menahan haus dan lapar tersebut.

Baca Juga: Cewek Pakai Lipstik Saat Puasa, Kata UAS Batal Jika Sambil Minum Es Teh

Namun karena patokan terbit fajar dan tenggelamnya matahari ini ada sejumlah negara harus menjalani puasa dengan waktu yang cukup cepat, hanya 11 jam, ada pula yang lama mencapai 20 jam.

Mengutip dari The National News durasi puasa terlama pada Ramadan tahun 2021 ini ada di Norwegia, Greenland dan Finlandia. Sementara untuk durasi tercepat yakni antara lain Selandia Baru, Argentina dan Afrika Selatan.

Berikut perkiraan durasi puasa negara dan wilayah dari yang paling cepat dan terlama:

- Durasi puasa 11.5 jam (Selandia Baru, Argentina, Afrika Selatan)

- Durasi puasa 13.5 jam (Singapura, Indonesia)

Baca Juga: Banyak Energi, 7 Kuliner Khas Makassar Ini Bisa Disantap Saat Buka Puasa

- Durasi Puasa 14 jam (Senegal, Thailand)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait