facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Santai! Ngabuburit Sambil Menikmati Sunset Pulau Merah Banyuwangi

Muhammad Taufiq Senin, 26 April 2021 | 17:15 WIB

Santai! Ngabuburit Sambil Menikmati Sunset Pulau Merah Banyuwangi
Ngabuburit sambil menikmati sunset di Pulau Merah Banyuwangi [Foto: Timesindonesia]

Ini tentang sunset di Banyuwangi, daerah damai di sebelah barat Pulau Bali--tempat lahirnya SID.

SuaraJatim.id - Ini bukan tentang 'Sunset di Tanah Anarki' seperti dalam liriknya Grup Band Superman is Dead (SID). Jauh lebih sederhana. Ini tentang sunset di Banyuwangi, daerah damai di sebelah barat Pulau Bali--tempat lahirnya SID.

Mampirlah ke Banyuwangi, lalu nikmati suasananya. Apalagi di momentum Ramadhan seperti sekarang ini. Panorama alam Banyuwangi akan membuat puasa Anda seperti tidak terasa saja. Pulau Merah misalnya. Bersantai di sana, ada yang bilang "tahu..,tahu..,bedug maghrib sudah berbunyi".

Ini diceritakan M Syaiful Wildan. Pria 25 tahun itu pelanggan tetap Pulau Merah saban Ramadhan. Di sana Ia menikmati alam sambil bersantai. Menunggu matahari 'selurup' atau tenggelam (sunset) di pulau ini menjadi semacam rutinitas tahunan.

"Setiap Ramadhan saya pasti ambil jadwal ngabuburit di sini, sunset ini bikin rindu. Kalau puasa sambil nunggu sunset rasanya emang seperti lebih cepat, tiba-tiba sudah buka," ujar Wildan, Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 20,8 T Selama Ramadhan-Lebaran Tahun Ini

Maghrib memang menjadi waktu yang paling ditunggu masyarakat yang menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Mereka biasanya berkerumun menunggu bedug buka--disebut juga ngabuburit.
 
Ngabuburit sore di pesisir pantai pulau merah memang asyik. Bukan cuma omong kosong, buktinya menjelang buka pulau ini ramai sekali. Sekurangnya puluhan orang berbondong-bondong jadi saksi pergantian siang ke malam.

Beragam cara masyarakat menghabiskan waktu di sana. Bercengkrama dengan keluarga, sekadar duduk menikmati desir ombak di pantai,  atau foto-foto selfie

Lalu puncaknya saat bedug dan azan maghrib berkumandang. Saat itulah langit barat pelan-pelan seperti ditutup tirai. Suguhan gradasi cahaya indah matahari. Tepat saat itulah warga membuka dan menikmati bekal buka puasanya, menyantap penganan, jajanan, kudapan sambil tertawa.

Itulah yang dilakukan Wildan. Ia datang beramai-ramai bersama sahabatnya. Membawa bekal berbuka lalu melahapnya. Menurutnya dengan begitu, panorama sunset tak tertinggal sedikitpun.

Rasa nikmat berbuka juga lebih terasa, sebab racikan bumbu dapur dibarengi langit senja, jadi kombinasi yang sempurna. "Ini saya bawa bekal buat berbuka, biar gak ketinggalan suasana," kata Wildan.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Balikpapan, Senin 26 April 2021

Wisatawan lainnya, Sholehuddin (26) menyatakan, berburu senja di Pantai Pulau Merah juga bisa menjadi sarana menambah rasa syukur di bukan ramadan bagi manusia kepada Sang Pencipta.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait