alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perangi Bayangan 'Iran', Israel Tingkatkan Serangan Rudal ke Suriah

Muhammad Taufiq Kamis, 06 Mei 2021 | 14:05 WIB

Perangi Bayangan 'Iran', Israel Tingkatkan Serangan Rudal ke Suriah
Pesawat Israel mengebom sejumlah lokasi di Suriah [Foto: Antara]

Beberapa waktu terakhir ini Israel memang meningkatkan serangan terhadap sejumlah target yang berkaitan dengan Iran di Suriah.

SuaraJatim.id - Beberapa waktu terakhir ini Israel gencar meningkatkan serangan rudal terhadap sejumlah target yang berkaitan dengan kekuatan Iran di dalam Suriah.

Oleh sebab itu, Israel meningkatkan serangan udara dengan menembakkan rudal ke sejumlah titik target di sebelah barat laut Suriah, termasuk kota pelabuhan Latakia di sepanjang Pantai Mediterania.

Bahkan serangan fajar Israel pada Rabu juga menyasar Kota Hifa di sebelah timur Kota Latakia dan Misyaf di Provinsi Hama. Beruntung Suriah bisa mencegat rudal dan merontokannya bersama sebuah helikopter, Rabu (05/05/2021).

Media pemerintah Suriah sebelumnya telah melaporkan beberapa ledakan di dekat Kota Latakia yang didengar penduduk di seluruh kota dan sekitarnya. Namun militer Israel belum berkomentar mengenai serangan tersebut.

Baca Juga: Sepak Bola Israel Bikin Sejarah, Wasit Transgender Pimpin Pertandingan

Di sisi lain, Suriah tidak memberikan keterangan detail dan terperinci tentang kondisi dan jumlah korban serangan. Namun mereka mengatakan sebuah pabrik plastik sipil terkena serangan di Kota Latakia.

Sumber intelijen Barat menyebutkan, Israel dalam beberapa bulan terakhir telah meningkatkan langkah yang disebut sebagai "perang bayangan" terhadap sejumlah target yang terkait dengan Iran di dalam Suriah.

Sumber intelijen Barat itu juga mengatakan serangan itu terutama menargetkan pusat penelitian untuk pengembangan senjata dan konvoi militer yang memindahkan rudal dari Lebanon ke Suriah.

Milisi proksi Iran yang dipimpin oleh Hizbullah Lebanon sekarang menguasai wilayah yang luas di Suriah timur, selatan dan barat laut, serta beberapa pinggiran kota di sekitar Damaskus. Mereka juga mengontrol wilayah perbatasan Lebanon-Suriah.

Israel mengatakan tujuannya adalah untuk mengakhiri kehadiran militer Iran di Suriah, yang menurut sumber intelijen Barat telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. ANTARA

Baca Juga: Pasangan Suami Istri di Israel Nyaris Bercerai Gara-gara Babi Hutan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait