facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diswab Ganda, PMI yang Terpapar Covid Varian Baru Ternyata Asal Jember

Muhammad Taufiq Rabu, 19 Mei 2021 | 15:23 WIB

Diswab Ganda, PMI yang Terpapar Covid Varian Baru Ternyata Asal Jember
Bupati Jember Hendy Siswanto komentari warganya yang terpapar virus corona jenis baru [Foto: Suarajatimpost.com]

Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang terpapar Virus Corona jenis baru B117 ternyata berasal dari Jember. Ia merupakan PMI yang pulang dari Malaysia.

SuaraJatim.id - Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang terpapar Virus Corona jenis baru B117 ternyata berasal dari Jember. Ia merupakan PMI yang pulang dari Malaysia.

Buruh migran tersebut rencananya akan melakukan Swab Tes ganda untuk memantau kondisinya sebelum dijemput ke Jember. Ia kini berada di Rumah Sakit Darurat Lapangan Indrapura, Kota Surabaya.

Rencana swab ganda terhadap PMI itu disampaikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Pendapa Wahyawibawagraha, Rabu (19/5/2021).

"Sekarang masih dikarantina Surabaya (PMI terpapar Virus Corona B117) dan akan kami jemput setelah menjalani Swab dua kali (ganda)," kata Hendy, dikutip dari suarajatimpost.com, jejaring media suara.com.

Baca Juga: Gempar Warga Jember Temukan Mayat Perempuan Membusuk di Kebun Tebu

Untuk penanganan terhadap warga Jember itu, lanjut Hendy, sama halnya dengan yang dilakukan terhadap pasien yang terpapar Virus Covid-19.

"Tapi untuk yang varian baru ini lebih spesifik lagi, dan bedanya untuk Swab (tes) nya itu dua kali. Misal ini, selama perawatan awal ditunggu, kemudian pertama Swab dulu, kemudian jika terkonfirmasi negatif, ditunggu selama kurang lebih 5 hari lagi, kemudian dilakukan Swab (tes) lagi, kalau negatif, baru kami jemput (pulang) ke Jember," ujarnya.

Namun saat sampai Jember tidak kemudian langsung pulang. "Tapi kami karantina lagi, dan Swab (tes) lagi. 5 hari kemudian di Swab lagi, setelah negatif baru kami antar pulang," sambungnya.

Untuk informasi kondisi PMI tersebut, kata Hendy, saat ini masih perawatan di Surabaya. "Kemudian info sementara kami terima yang di Mojokerto sudah pulang, tinggal yang satu ini. Ya untuk penanganan sama saja (dengan perawatan Covid-19), hanya varian virusnya saja baru," ujarnya.

Perlu diketahui, sebelum dan sesudah lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah kemarin. Gelombang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Kabupaten Jember terus berdatangan hingga saat ini.

Baca Juga: Geger Bocah 8 Tahun di Jember Hilang di Tempat Angker, Begini Ceritanya

Berdasarkan data terbaru dari Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Jember, hingga Selasa malam (18/5/21) kemarin sebanyak 473 PMI sudah tiba di Jember.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait