alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dalam Survei Ini Emil Dardak Lebih Diharapkan Nyapres Dibanding Gibran

Muhammad Taufiq Rabu, 02 Juni 2021 | 17:04 WIB

Dalam Survei Ini Emil Dardak Lebih Diharapkan Nyapres Dibanding Gibran
Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Dardak. (Beritajatim.ist)

Platform Nyari Presiden (Nyapres2024) melakukan survei calon presiden (capres) di kalangan muslim.

SuaraJatim.id - Platform Nyari Presiden (Nyapres2024) melakukan survei calon presiden (capres) di kalangan muslim. Hasilnya, sejumlah tokoh muslim ini paling banyak diharapkan maju sebagai capres 2024 nanti.

Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ternyata menjadi tokoh muslim yang paling diharapkan nyapres. Kemudian ada Ridwan Kamil, Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Anies Baswedan (40,69 persen) dan Ganjar Pranowo (10 persen) merupakan tokoh yang paling diharapkan menjadi Presiden 2024, bahkan mengungguli Prabowo Subianto yang hanya mendapatkan 4,05 persen," kata Koordinator Nyapres 2024, Veri Junaidi, dalam siaran persnya, Senin (31/05/2021).

Kemudian menarik lagi sejumlah tokoh lokal ternyata juga masuk dalam survei tersebut. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak masuk dengan (11,15 persen), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (9,39 persen).

Selanjutnya Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto (9,16 persen), serta mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak (8,85 persen).

Baca Juga: Pedagang Kuliner Mainkan Harga, Gibran: Langsung Saya Tutup!

Berikutnya ada nama Menteri Agama sekaligus Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dengan 6,41 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan 1,45 persen. Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya dipilih 1,15 persen responden dari kategori ini.

Namun untuk kategori tokoh muslim dari kalangan politisi, Anies Baswedan bertengger di posisi pertama dengan 45,42 persen. Keterpilihannya mengungguli nama-nama politikus berlatar belakang muslim lain seperti Prabowo Subianto, Anis Matta, hingga Muhaimin Iskandar.

Veri Junaidi mengatakan Survei Online Nasional dengan tajuk Regenerasi Politik Indonesia: Tokoh Muslim Menjelang 2024 ini dilakukan terhadap 1.310 responden yang tersebar di 32 provinsi. Survei dilakukan dalam kurun waktu 17 April-10 Mei 2021.

Kuisioner survei Capres 2024 disebarkan menggunakan jejaring media sosial melalui iklan Facebook dengan pilihan kategori penerima iklan sesuai sebaran provinsi responden dan berusia minimal 17 tahun. Veri mengatakan, margin of error survei ini 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Kocak! Netizen Malah Laporkan Tarif Parkir di Waduk Cengklik Park Boyolali ke Gibran

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait