alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Dia Destinasi ala Afrika di Jawa Timur, Sudah Pernah ke Sana?

Muhammad Taufiq Sabtu, 12 Juni 2021 | 09:16 WIB

Ini Dia Destinasi ala Afrika di Jawa Timur, Sudah Pernah ke Sana?
Kampung Kerbau di Ngawi [Instagram]

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata cukup komplet.

SuaraJatim.id - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata cukup komplet. Wilayah ini menawarkan beragam wisata alam seperti pegunungan, pantai, goa, hingga air terjun.

Menariknya, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki destinasi unggulan masing-masing. Bahkan, beberapa spot wisata Jawa Timur disebut-sebut mirip dengan destinasi wisata di luar negeri, khususnya di Afrika. Mana saja ya?

Kampung Kerbau – Ngawi

Di Kabupaten Ngawi ada kampung yang sering dikatakan mirip dengan Afrika. Berada di kawasan hutan jati, kampung ini dikenal sebagai Kampung Kerbau. Kawasan ini merupakan rumah bagi ratusan kerbau yang diternakan oleh warga setempat.

Baca Juga: Terlibat Narkoba, Polda Jatim Ciduk 4 Kades di Jember

Kampung Kerbau di Ngawi [Instagram]
Kampung Kerbau di Ngawi [Instagram]

Kampung Kerbau ini berada di Desa Banyubiru, Widodaren, Ngawi, Jawa Timur. Tepatnya di Dusun Bulak Pepe atau sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Ngawi.

Kampung Kerbau menyuguhkan panorama alam yang sekilas mirip dengan alam di Afrika. Terlebih saat musim kemarau, kampung ini benar-benar gersang layaknya padang di Afrika.

Taman Nasional Baluran – Situbondo

Tak perlu jauh-jauh ke Benua Afrika jika kamu berniat menikmati keindahan padang savanna. Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur menyajikan keindahan yang sama. Dengan luas sampai 25.000 Km2, lebih dari sepertiga wilayahnya adalah padang savanna.

Taman Baluran Banyuwangi [Instagram]
Taman Baluran Banyuwangi [Instagram]

Tak heran jika Taman Nasional ini mendapat julukan sebagai Africa van Java. Selain savanna, Taman Nasional Baluran juga memiliki jenis vegetasi lain seperti hutan pantai, hutan mangrove, hutan musim, hutan rawa, hutan pegunungan bawah, dan hutan evergreen.

Baca Juga: Viral Video Mesum 'Grepe-grepe' ABG di Telaga Ngebel Ponorogo

Pemandangan padang rumput luas sejauh mata memandang dengan satu dua pepohonan kering di atasnya, dan lanskap Gunung Baluran yang menjulang tinggi terlihat jelas saat cuaca cerah menjanjikan pemandangan ala Afrika. Taman Nasional Baluran menjadi habitat berbagai satwa langka seperti banteng, merak, dan rusa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait