alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perayaan Kasada Nanti Kawasan Bromo Bakal Ditutup Total Bagi Wisatawan

Muhammad Taufiq Rabu, 23 Juni 2021 | 16:57 WIB

Perayaan Kasada Nanti Kawasan Bromo Bakal Ditutup Total Bagi Wisatawan
Masyarakat suku Tengger melarung sesajinya berupa hasil pertaninan ke kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (30/6).

Perayaan Yadna Kasada bakal digelar tiga hari lagi. Namun tidak seperti biasanya, tahun ini perayaan tradisi masyarakat Tengger itu akan digelar tertutup.

SuaraJatim.id - Perayaan Yadna Kasada bakal digelar tiga hari lagi. Namun tidak seperti biasanya, tahun ini perayaan tradisi masyarakat Tengger itu akan digelar tertutup.

Hal ini ditegaskan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) yang menyatakan kawasan wisata Gunung Bromo akan ditutup total untuk wisatawan saat perayaan Hari Raya Yadnya Kasada 2021.

Seperti ditegaskan Plt Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani, penutupan kawasan Bromo Tengger Semeru tersebut dilakukan pada 24 Juni 2021 mulai pukul 06.00 WIB hingga 26 Juni pukul 24.00 WIB.

"Penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo dalam rangka pelaksanaan rangkaian upacara ritual Yadna Kasada 2021," kata Novita, dikutip dari ANTARA, Rabu (23/06/2021).

Baca Juga: Tertutup untuk Umum, PHDI Siagakan 'Jaga Baya' Amankan Upacara Yadnya Kasada Tengger

Novita menjelaskan, penutupan kawasan wisata Gunung Bromo tersebut dilakukan mulai dari Probolinggo, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, dan dari Pasuruan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

Kemudian penutupan juga dilakukan dari wilayah Malang dan Lumajang, pada pintu masuk Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Pengumuman tersebut dikeluarkan BB TNBTS melalui Pengumuman nomor PG.15/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/6/2021.

"Untuk sementara kegiatan wisata di Gunung Bromo ditutup secara total," kata Novita menegaskan.

Novita menambahkan, penutupan kawasan wisata Bromo tersebut memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, terkait dengan upacara ritual Yadnya Kasada.

Selain itu, juga ada surat serupa dari Ketua PHDI Kabupaten Pasuruan. "Untuk kegiatan wisata ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan kembali dibuka pada 27 Juni 2021 pukul 00.01 WIB," ujar Novita.

Baca Juga: Bukan Cuma Kasada, Ritual Adat di Bromo Ini Juga Menarik Kamu Dinikmati

Di masa pandemi penyakit akibat penyebaran Virus Corona, wisata Bromo telah dibuka untuk kunjungan wisatawan, dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan penanganan COVID-19, dan pembatasan jumlah wisatawan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait