alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Herd Immunity Terbentuk Akhir Agustus di Jatim, Kapolri: Hadiah Bagi Warga Jawa Timur

Muhammad Taufiq Jum'at, 09 Juli 2021 | 14:59 WIB

Herd Immunity Terbentuk Akhir Agustus di Jatim, Kapolri: Hadiah Bagi Warga Jawa Timur
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi di Surabaya [Foto: Antara]

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meyakini 'herd immunity' atau kekebalan kelompok akan terbentuk pada akhir Agustus 2021.

SuaraJatim.id - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meyakini 'herd immunity' atau kekebalan kelompok akan terbentuk pada akhir Agustus 2021 di Provinsi Jawa Timur ( Jatim ).

Ini terjadi jika pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan TNI-Polri sesuai dengan target, yakni 300 ribu per hari. Ini disampaikan Kapolri saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Mall Grand City, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (09/07/2021).

"Harapannya apabila target per hari 300 ribu tercapai dipertahankan dan ditingkatkan maka akhir Agustus 2021 akan menjadi hadiah bagi masyarakat Jawa Timur dalam mencapai herd immunity," kata Sigit, dikutip dari Antara.

Kapolri bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengapresiasi soliditas atau kekompakan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Jawa Timur dalam penanganan pandemi COVID-19, termasuk pelaksanaan vaksinasi massal.

Baca Juga: BRI Kerahkan Teras BRI Kapal untuk Sukseskan Vaksinasi di Maluku Utara

Vaksinasi massal TNI-Polri di Surabaya diselenggarakan Walubi bekerja sama dengan perwakilan Kodam V/Brawijaya dengan menargetkan 300 ribu warga diimunisasi vaksin COVID-19 per hari.

Dalam kesempatan itu, mantan Kapolda Banten tersebut mengingatkan masyarakat yang telah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Terus semangat, jaga jarak, dan pakai masker karena COVID-19 masih ada di sekitar kita. Sayangi keluarga, sayangi saudara, sayangi teman-teman kita," ujar Sigit.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan melaporkan data jumlah orang yang sudah menerima vaksin Covid-19 di Indonesia. Hingga Selasa 6 Juli 2021, pukul 12.00 WIB, sebanyak 33.176.029 orang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

Ini menunjukkan, ada penambahan 873.761 orang yang disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama dari data Senin (5/7) yang tercatat masih 32.302.268 orang.

Baca Juga: Perlukah Nakes Disuntik Vaksin Dosis Ketiga? Ini Kata Pakar

Penerima vaksin Covid-19 hingga dosis kedua atau lengkap juga bertambah, yakni sebanyak 232.046 orang. Data kemarin hanya 14.035.934, kini naik menjadi 14.267.980 orang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait