alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ya Ampun! Cacing Hati Ditemukan Pada Sejumlah Sapi Kurban di Kediri Setelah Dipotong

Muhammad Taufiq Rabu, 21 Juli 2021 | 19:13 WIB

Ya Ampun! Cacing Hati Ditemukan Pada Sejumlah Sapi Kurban di Kediri Setelah Dipotong
Pemotongan hewan kurban di RPH Kota Kediri [Foto: Antara]

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri Mohamad Ridwan mengungkapkan fakta mengejutkan.

SuaraJatim.id - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri Mohamad Ridwan mengungkapkan fakta mengejutkan dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban Idul Adha kemarin.

Dinas menemukan sejumlah sapi kurban mengandung cacing hati di tubuhnya. Temuan ini terkuak saat penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Kediri, Jawa Timur. Daging sapi penyakitan itu lalu dibuang sebab tak layak dikonsumsi.

"Ada hewan kurban sakit yang organ hatinya mengandung cacing hati. Ada sekitar enam ekor yang sakit dan sudah kami amankan dan dibuang," katanya, dikutip dari Antara, Rabu (21/07/2021).

Ia mengatakan di RPH Kediri ada 33 ekor sapi yang disembelih saat perayaan Idul Adha 2021. Penyembelihan di RPH baru dimulai sehari setelah Shalat Idul Adha, sehingga warga pun juga mulai antre penyembelihan di RPH.

Baca Juga: Masih Ada Daerah Langgar PPKM Saat Idul Adha, Begini Respon Jubir Luhut

Pihaknya mengakui animo warga untuk menyembelihkan hewan yang dikurbankan di RPH Kediri tinggi. Beberapa hal yang memengaruhi di antaranya ada imbauan pemerintah untuk menyembelih hewan kurban di RPH.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan warga karena saat ini masih pandemi COVID-19. Selain itu, selama perayaan Idul Adha 2021 pemerintah kota memutuskan untuk menggratiskan biaya retribusi di RPH Kediri, sehingga hal ini juga membantu masyarakat.

"Ini juga dari imbauan Wali Kota, kami fasilitasi maksimal dan membebaskan retribusi pemakaian RPH. Imbauan ini untuk mencegah kerumunan," kata dia menegaskan.

Ia menambahkan, RPH Kediri membuka layanan penyembelihan hewan kurban mulai Rabu (21/7) hingga Jumat (23/7). Seluruh petugas juga siap untuk bertugas.

Ada sekitar 17 petugas yang diperbantukan di RPH, sehingga layanan penyembelihan hewan kurban juga berlangsung dengan cepat. Petugas yang berjaga pun juga tetap sesuai dengan protokol kesehatan saat melakukan tugasnya.

Baca Juga: Adem! Ini Deretan Potret Cantik Istri Paul Pogba saat Berpakaian Islami

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat, Veteriner, Pengelolaan dan Pemasaran DKPP Kota Kediri Pujiono menambahkan secara mayoritas kondisi hewan ternak yang disembelih saat Hari Raya Idul Adha 2021 ini gemuk dan bagus.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait