facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Singgung SBY, Tokoh Muda NU: Luhut Tak Hanya Puji BJ Habibie, Gus Dur dan Soeharto Juga

Muhammad Taufiq Kamis, 29 Juli 2021 | 15:17 WIB

Singgung SBY, Tokoh Muda NU: Luhut Tak Hanya Puji BJ Habibie, Gus Dur dan Soeharto Juga
Tokoh muda NU Ubaidillah Amin Mochamad (Gus Ubaid) [Beritajatim]

Ribut-ribut soal omongan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang membandingkan sikap dua mantan presiden, yakni SBY dan BJ Habibie.

SuaraJatim.id - Ribut-ribut soal omongan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang membandingkan sikap SBY dan BJ Habibie direspons tokoh muda NU Ubaidillah Amin Mochamad.

Gus Ubaid, sapaan gaul Ubaidillah Amin Mochamad, menilai pujian Luhut kepada mantan Presiden BJ Habibie sudah tepat. Ia memuji Luhut agar warga Indonesia meneladani apa yang sudah dilakukan oleh BJ Habibie kepada bangsa Indonesia selama ini.

"Menurut saya bukan hanya BJ Habibie yang sering dipuji oleh Pak Luhut, tetapi Gus Dur dan Pak Harto juga. Sebetulnya Pak Luhut menurut pendapat saya, beliau ingin mengatakan kepada semua elit politik dan para intelektual, tirulah gaya mantan Presiden BJ Habibie yang tidak membuat gaduh ketika ada kebijakan pemerintah yang kurang pas atau salah," kata Gus Ubaid, Kamis (29/7/2021).

Dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Gus Ubaid mengatakan BJ Habibie menghubungi pemerintah (para menteri) untuk diajak bicara. Bahkan, BJ Habibie meminta kepada pembantu presiden untuk dipertemukan supaya segera mengambil tindakan atau mengubah kebijakannya.

Baca Juga: Ada Apa ? Tiba-tiba Luhut Binsar Pandjaitan Rindu Sosok Mantan Presiden BJ Habibie

"Dan, itu sangat menunjukkan adat ketimuran. Saya mendukung penuh apa yang dikatakan Pak Luhut dalam kapasitas sebagai menteri senior atau paling tua, juga senior di TNI," ujarnya.

"Mohon maaf, saya lihat ketika Pak SBY menjadi presiden, Pak Luhut tidak pernah celometan di media untuk mengkritik pemerintah yang notabene Pak Luhut lebih senior dari Pak SBY. Bahkan, saya pernah melihat di televisi di akhir-akhir periode Presiden SBY menjabat, beliau datang menemui Pak SBY bersama dua orang temen lettingnya," katanya.

"Untuk memberikan masukan kepada pemerintah, jadi menurut saya enggak usah terlalu lebay dan cari-cari kesalahan pemerintah," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut sempat menyinggung cara SBY yang sering mengkritik lewat jumpa pers media. Luhut dan SBY sama-sama lulusan Akademi Militer. Namun, SBY sebenarnya merupakan junior Luhut. Meskipun begitu, Luhut merasa tidak ada masalah soal etika, jika ada juniornya mengkritik senior secara terang-terangan.

"Ya dia kan mantan presiden, kita hormati lah. Saya enggak ada keberatan, saya bilang ke Pak Bambang (SBY) oke-oke lah hak beliau. Tapi semua hanya titip saja, pemimpin kalau selesai eranya, ya seperti Pak Habibie lah, mau duduk manis datang sekali-sekali kritik bolehlah. Tak perlulah merasa yang berkuasa saat ini di bawah kita," ujarnya.

Baca Juga: Sentil Luhut, Politisi Demokrat Ini Bandingkan Sikap SBY vs Megawati Kepada Lawan Politik

Meskipun begitu, Luhut kembali menegaskan bahwa pernyataannya tersebut tidak mengkritik SBY. Dia hanya ingin menegaskan posisi dan sikapnya setelah dikritik langsung oleh SBY.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait