facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sastrawan Budi Darma Berpulang

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 21 Agustus 2021 | 11:24 WIB

Sastrawan Budi Darma Berpulang
Sastrawan kelahiran Rembang, Jawa Tengah, Budi Darma memperlihatkan buku kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2012 dengan judul dari karya "Laki-laki Pemanggul Goni", yang terpilih sebagai cerpen terbaik pada pemberian penghargaan cerpen tersebut di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (27/6) malam. [ANTARA FOTO/Dodo Karundeng]

Jenazah Budi Darma rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih, Surabaya.

SuaraJatim.id - Sastrawan Budi Darma meninggal dunia di Rumah Sakit Islam Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/8/2021). Sosok yang produktif menulis itu tutup usia pada 84 tahun.

Penulis "Orang-Orang Bloomington" itu menghembuskan napas terakhir akibat terpapar COVID-19.

Berdasar penuturan adiknya, Budi Sampurno, bahwa kakaknya menjalani perawatan medis sejak 28 Juli 2021.

Kekinian, jenazah rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih, Surabaya.

Baca Juga: Kabar Duka dari Dunia Sastra Indonesia, Radhar Panca Dahana Berpulang

"Jenazah sudah mau diberangkatkan, kami sudah siap untuk ikut meluncur ke Keputih," kata Budi Sampurno mengutip dari ANTARA, Sabtu.

Budi Darma dikenal sebagai akademisi dan sastrawan yang telah melahirkan berbagai  karya tulis. Mulai cerita pendek (cerpen), novel, esai dan karya tulis lainnya.

Selain "Orang-Orang Bloomington", guru besar FBPS Universitas Negeri Surabaya telah menulis novel "Olenka", "Raflus", "Ny. Talis" serta antologi cerpen "Kritikus Adinan".

Pria yang lahir di Rembang pada 25 April 1937 itu merupakan lulusan Jurusan Sastra Barat dari Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada (UGM), dia juga belajar di Universitas Hawaii, Honolulu, Amerika Serikat dan Universitas Indiana, Bloomington, Amerika Serikat.

(Antara)

Baca Juga: Sastrawan Jogja Iman Budhi Santosa Wafat, Cak Nun Kenang Persahabatannya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait