alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mitos Apa Fakta, Gadget Sebabkan Anak Hiperaktif?

Muhammad Taufiq Jum'at, 03 September 2021 | 08:50 WIB

Mitos Apa Fakta, Gadget Sebabkan Anak Hiperaktif?
Kebanyakan main gadget bisa bikin anak alami kerusakan saraf? (Shutterstock)

Di era sekarang gadget menjadi barang lumrah bagi anak-anak zaman sekarang. Namun ada sebuah pendapat, katanya gadget ini bisa menyebabkan anak hiperaktif.

SuaraJatim.id - Di era sekarang gadget menjadi barang lumrah bagi anak-anak zaman sekarang. Namun ada sebuah pendapat, katanya gadget ini bisa menyebabkan anak hiperaktif.

Apakah pendapat ini beneran atau sebatas mitos? Ternyata, hasil studi terbaru dalam jurnal PLOS One menemukan anak-anak yang menatap layar gadget, entah itu ponsel, tablet, laptop, maupun televisi, selama lebih dari 2 jam memiliki kemungkinan delapan kali lipat menjadi anak hiperaktif.

Penelitian ini didasarkan pada wawancaran kepada lebih dari 2.427 orangtua yang memiliki anak usia 5 tahun. Dalam wawancara tersebut, para orantua ini diberi pertanyaan seputar perilaku anak dan durasi menatap layar gadget.

Hasilnya cukup mengejutkan. Ternyata sebagian besar anak-anak menghabiskan waktu 1 jam 24 menit untuk menatap layar setiap hari. Sementara 13 persen anak menatap layar lebih dari 2 jam.

Baca Juga: Agar Tidak Main Game Terus, Ini Cara Kembangkan Bakat Gambar Anak Pakai Gadget

Dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com, kesimpulan penelitian itu adalah; semakin lama seorang anak menghabiskan waktu di depan layar, maka semakin besar kemungkinan mereka memiliki masalah perilaku yang terkait dengan gangguan attention-deficit atau hyperactivity (ADHD).

Selain itu, anak-anak yang menatap layar lebih dari 2 jam sehari memiliki kemungkinan hampir enam kali lebih besar mengalami masalah perhatian atau fokus.

Untuk menghindari anak berlebihan menggunakan gadget, orang tua bisa membiasakan anak melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Anak bisa diajak olahraga atau bermain hal yang menyenangkan lainnya.

Kegiatan ini selain mencegah anak hiperaktif juga bisa bermanfaat untuk kesehatan anak seperti mencegah obesitas karena anak bisa aktif bergerak.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait