alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Biasa Merokok di Mobil? Stop Kebiasaan Itu dan Kenali Tiga Bahayanya

Muhammad Taufiq Senin, 27 September 2021 | 09:03 WIB

Biasa Merokok di Mobil? Stop Kebiasaan Itu dan Kenali Tiga Bahayanya
Ilustrasi mengendarai mobil [Foto: Antara]

Bagi sejumlah orang, terutama para perokok pria, merokok di dalam mobil sudah biasa. Padahal ada dampak buruk yang tidak banyak orang ketahui.

SuaraJatim.id - Bagi sejumlah orang, terutama para perokok pria, merokok di dalam mobil sudah biasa. Padahal ada dampak buruk yang tidak banyak orang ketahui.

Merokok sambil mengemudi juga mengganggu konsentrasi, sebab salah satu tangan harus memegang setir sambil kedua jarinya menjepit batang rokok.

Kemudian, merokok juga bisa mengganggu pengemudi terutama saat membuat abu rokoknya. Bagi pengendara lain pun demikian. Membuang abu bisa berdampak pada mereka di belakang mobil Anda.

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, "Banyak kerugian yang dirasakan oleh AutoFamily jika merokok di dalam mobil," ujarnya.

Baca Juga: Ini Bahanya Merokok di Dalam Mobil

Oleh karenanya, hindari merokok di dalam mobil dan jaga kondisi kabin agar selalu bersih dan rapi sehingga nyaman saat digunakan. Nah, berikut ini bahaya merokok di dalam movil versi Nur Imansyah:

Sirkulasi AC kotor

Jangan lupa, asap rokok mempunyai potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC dan mengendap sehingga udara dari AC mobil akan bercampur dengan nikotin yang membahayakan.

Asap rokok juga akan menempel pada filter bahkan menempel pada Evaporator AC yang dapat membuat bau tidak hilang walaupun sudah dilakukan penggantian filter kabin. Aroma tidak sedap dari bekas asap rokok akan terus ikut bersirkulasi waktu AC dinyalakan sehingga berpotensi mengganggu kesehatan.

Meninggalkan bau

Baca Juga: Awas! Selain Mengganggu Kesehatan, Merokok Juga Menurunkan Nilai Harga Jual Mobil

Asap rokok akan bertahan dan menempel di berbagai sudut kabin mobil, terutama area kokpit seperti dasbor, setir, dan panel pintu depan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait