alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Alhamdulillah! Kabupaten Jombang Kini Juga Sudah Masuk Level 1 PPKM

Muhammad Taufiq Selasa, 05 Oktober 2021 | 17:04 WIB

Alhamdulillah! Kabupaten Jombang Kini Juga Sudah Masuk Level 1 PPKM
Peta sebaran ODP dan PDP di Kabupaten Jombang pada Kamis (9/4/2020). [Berita Jatim/Foto Laman Dinkes Jatim]

Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Jombang Jawa Timur kini sudah masuk zona hijau. Dengan demikian kota santri itu berstatus Level 1 PPKM.

SuaraJatim.id - Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Jombang Jawa Timur kini sudah masuk zona hijau. Dengan demikian kota santri itu berstatus Level 1 PPKM.

Keenam kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kabuh, Ploso, Kudu, Tembelang, Kesamben dan Bareng. Daerah dengan status zona hijau artinya persebaran kasus covidnya Nol atau tidak ada.

Data tersebut diungkap oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Menurut Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, Budi Winarno mengatakan, menurunnya persebaran Covid di Kota Beriman salah satu faktornya ialah vaksinasi.

"Karena massifnya vaksinasi juga, semakin banyak warga yang sudah di vaksin. Maka akan semakin menambah imunitasnya, jadi tidak mudah terpapar Covid karena kekebalan tubuhnya," katanya seperti dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Kocak! Beri Info Sedang Renovasi, Kafe di Jombang Ini Malah Disindir Pakai Banner

Sementara itu, beberapa kecamatan lainnya juga menunjukkan perkembangan, dimana ada 12 kecamatan masuk kawasan zona kuning. Diantaranya, Kecamatan Plandaan, Ngusikan, Megaluh, Peterongan, Bandarkedungmulyo, Perak, Jogoroto, Diwek, Mojoagung, Mojowarno, Ngoro dan Wonosalam.

Jika masuk zona kuning, menandakan persebaran kasus aktif Covid di daerah tersebut mencapai 1-5 kasus. Meskipun sebagian besar sudah masuk zona hijau dan kuning, masih ada beberapa kecamatan yang bertahan di zona orange, yakni Kecamatan Jombang, Gudo dan Sumobito. Berbeda dengan zona kuning, daerah yang berada di zona orange menandakan kasus aktif Covid mencapai 6-10 kasus.

Budi menjelaskan, meskipun tren persebaran Covid-19 menurun, pihaknya tetap mengimbau masyarakat Jombang untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan.

Ia juga mendorong, jika masih ada masyarakat yang belum vaksin untuk pro aktif mencari dimana akan dilaksanakannya vaksinasi. "Vaksinasi door to door juga masih berjalan," ujarnya.

Berubahnya status beberapa kecamatan di Jombang ini juga menandakan, bahwa masyarakat mulai aktif untuk meningkatkan kesadaran. Dari berubahnya status, tidak ada kecamatan yang berada di zona merah.

Baca Juga: Garong Spesialis Sekolahan Satroni 22 TKP, Tak Berkutik Kakinya Dilubangi Polisi Jombang

Untuk diketahui, tren persebaran Covid-19 di Jombang secara kumulatif hingga Senin (4/10/2021) kemarin mencapai 12.301 kasus. Tingkat kesembuhan, juga bisa dikatakan tinggi yakni mencapai 87,0 persen dengan jumlah kasus sembuh mencapai 10.697 kasus.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait