alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pergi Menjenguk, Ini Doa untuk Orang Sakit yang Tepat Lengkap dengan Terjemahannya

Dinar Surya Oktarini Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:37 WIB

Pergi Menjenguk, Ini Doa untuk Orang Sakit yang Tepat Lengkap dengan Terjemahannya
doa untuk orang sakit (elemen envato)

Bacaan doa untuk orang sakit berikut ini sesuai ajaran Rasulullah Muhammad SAW.

SuaraJatim.id - Menjadi kewajiban setiap umat muslim untuk saling mendoakan kebaikan, tak terkecuali yang tengah sakit. Berikut bacaan doa untuk orang sakit sesuai ajaran Rasulullah Muhammad SAW. 

Seperti diketahui, Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan agar sesama manusia menjenguk dan memberikan doa untuk orang sakit.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba."

Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. [Shutterstock]
doa untuk orang sakit. [Shutterstock]

Selain menjenguk, penting juga memanjatkan doa untuk orang sakit agar diberikan kesembuhan. Suara.com telah merangkum doa untuk orang sakit dari NU Online yang bisa kamu lafalkan.

Baca Juga: Mudah Dihafalkan, Berikut Beragam Doa Buka Puasa Latin dan Artinya

Diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA, berikut adalah doa untuk orang sakit yang dibaca Rasulullah Muhammad SAW untuk keluarganya:

  • Allhumma rabban nsi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syfi. L syfiya ill anta syif’an l yughdiru saqaman.

(Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.)

Selain itu, Rasulullah Muhammad SAW juga mengajurkan membaca doa sebanyak tujuh kali di hadapan orang yang sedang sakit.

  • As'alullhal azhma rabbal 'arsyil 'azhmi an yassfiyaka.

(Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu)

Mendoakan kesembuhan orang sakit juga bisa dengan menyebut namanya. Hal itu dilakukan Rasulullah SAW ketika menjenguk Sa'ad bin Abi Waqqash. Doa berikut bisa dilafalkan dengan mengganti nama Sa'ad dengan nama orang yang sedang sakit.

Baca Juga: Salah Satu Kesempurnaan Salat, Begini Tata Cara dan Doa Setelah Wudhu

  • Allhummasyfi Sa'dan. Allhummasyfi Sa'dan. Allhummasyfi Sa'dan.

(Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait