alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Ustadz Abdul Somad: Tenar Dicalonkan Jadi Presiden Hingga Kontroversi LGBT

Pebriansyah Ariefana Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:47 WIB

Profil Ustadz Abdul Somad: Tenar Dicalonkan Jadi Presiden Hingga Kontroversi LGBT
Ustaz Abdul Somad dan rombongan saat menaiki perahu pompong menuju dusun Bagan Benio, Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis. [Ist]

Simak profil Ustadz Abdul Somad berikut ini.

SuaraJatim.id - Nama Ustadz Abdul Somad melejit setelah gembar-gembor dicalonkan jadi calon presiden Pilpres 2019. Saat itu Ustadz Abdul Somad menolaknya. Namun sebelum itu, sebenarnya nama Ustadz Abdul Somad sudah terkenal dari ceramah ke ceramah. Termasuk kontriversi LGBT. Simak profil Ustadz Abdul Somad berikut ini.

Ustadz Abdul Somad merupakan seorang profesor agama Islam dengan gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara. Nama lengkapnya Abdu amad Batubara.

Ustadz Abdul Somad lahir 18 Mei 1977. Dari sisi pengetahuan Islam, Ustadz Abdul Somad ahli di bidang kajian ilmu hadis dan ilmu fikih.

Ustaz Abdul Somad. [Humas Unhas]
Ustaz Abdul Somad. [Humas Unhas]

Selain itu, ia juga banyak membahas mengenai nasionalisme dan berbagai masalah terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat. Namanya dikenal publik karena ilmu dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan dalam menyampaikan dakwah yang disiarkan melalui saluran YouTube. Ustadz Abdul Somad pernah bertugas sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau sejak tahun 2009 hingga mengundurkan diri pada tahun 2019.

Baca Juga: Bawa-Bawa Ustaz Abdul Somad, Nikita Mirzani Ogah Disebut Penista Agama

Kajian-kajiannya yang baik dalam merangkai kata menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah Ustaz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.

Banyak dari ceramah Ustaz Abdul Somad yang mengulas berbagai macam persoalan agama.

Abdul Somad merupakan putra pasangan Lobbayuddin dan Rohana. Dari pihak ibu, garis keturunannya bersambung kepada Syekh Abdurrahman atau dijuluki Tuan Syekh Silau Laut I, seorang ulama sufi beraliran Tarekat Syattariyah kelahiran Rao, Batu Bara.

Ustadz Abdul Somad [Instagram]
Ustadz Abdul Somad [Instagram]

Tuan Syekh Silau Laut I merupakan keturunan perantau Minangkabau yang moyangnya berasal dari Mudik Tampang, Rao, Pasaman.

Sejak dari bangku sekolah dasar, Abdul Somad dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfiz Alquran.

Baca Juga: Akun Ustadz Abdul Somad Unggah Video Viral Indahnya Makam Rasulullah, Ternyata Hoaks

Tamat dari SD Al-Washliyah Medan pada 1990, ia melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan. Setelah lulus pada 1993, ia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang, Sumatra Utara selama satu tahun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait