alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Niat Sholat Jenazah Beserta Tata Caranya

Pebriansyah Ariefana Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:35 WIB

Bacaan Doa Niat Sholat Jenazah Beserta Tata Caranya
Sejumlah dokter bersama tenaga medis lainnya berdoa setelah melaksanakan shalat jenazah dokter spesialis paru positif COVID-19 saat pelepasan terakhir menggunakan mobil ambulan ke pemakaman di Rumah Sakit Umum Zainainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Selasa (29/9/2020). [ANTARA FOTO/Ampels]

Sholat jenazah merupakan sholat yang hukumnya fardu kifayah, yakni akan gugur kewajibannya apabila ada umat muslim lainnya yang mengerjakan.

SuaraJatim.id - Niat sholat jenazah. Salah satu adab yang harus dilakukan oleh umat muslim ketika mengetahui bahwa sudara seiman mereka meninggal dunia, adalah dengan melakukan sholat jenazah. Berikut bacaan doa niat sholat jenazah berserta tata caranya.

Sholat jenazah merupakan sholat yang hukumnya fardu kifayah, yakni akan gugur kewajibannya apabila ada umat muslim lainnya yang mengerjakan.

Namun akan lebih baik apabila turut serta mensholatkan jenazah jika mengetahui bahwa ada kerabat atau saudara yang meninggal dunia.

Sebab, kita bisa mendoakan yang terbaik bagi kerabat atau saudara yang meninggal. Sama seperti sholat pada umumnya, sholat jenazah juga diawali dengan membaca niat. Namun, ada perbedaan bacaan niat untuk jenazah laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: Beri Penghormatan ke Makam Almarhum Gilang, Kapolresta Solo Minta Doa untuk Ungkap Kasus

Berikut niat sholat jenazah untuk laki-laki dan perempuan.

1. Niat Sholat Jenazah Laki-Laki

“Usholli ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala”. Artinya, Saya niat sholat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah Ta’ala”.

2. Niat Sholat Jenazah Perempuan

Usholli ‘ala hadzahihil mayyitati arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala. Artinya, Saya niat sholat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah Ta’ala.

Baca Juga: Kantongi Alat Bukti, Polisi Pastikan Meninggalnya Mahasiswa UNS Solo Ada Unsur Kekerasan

Tata Cara Sholat Jenazah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait