facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Maut Tak Tahu Kapan Menjemput, Baca Doa Naik Kendaraan Ini

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 05 November 2021 | 12:59 WIB

Maut Tak Tahu Kapan Menjemput, Baca Doa Naik Kendaraan Ini
Vanessa Angel dikabarkan meninggal dunia bersama suami Bibi Ardiansyah, dan putranya Gala Sky Ardiansyah di Tol Nganjuk, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021). Terdapat foto jenazah dan kantong mayat di lokasi kecelakaan artis Vanessa Angel.

Ada baiknya jika umat beragama Islam membaca doa naik kendaraan agar diberikan perlindungan dan kelancaran oleh Allah SWT.

SuaraJatim.id - Rezeki dan maut di tangan Allah, entah kapan menjemput. Selain itu tidak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi selama dalam perjalanan. Untuk itu, ada baiknya jika umat beragama Islam membaca doa naik kendaraan agar diberikan perlindungan dan kelancaran oleh Allah SWT.

Manusia bisa belajar berkendara, juga bisa membeli motor atau mobil yang sudah dirancang dengan tingkat keamanan tinggi. Namun, manusia hanya sebatas merencanakan. Terkadang yang terjadi di sepanjang perjalanan sangat tidak terduga.

Dalam perjalanan, bisa saja ada kendaraan lain yang melakukan kesalahan, akhirnya membahayakan pengendara lain. Bisa juga ketika kita sedang perjalanan jauh, kemudian sejenak beristirahat, ada orang yang hendak berbuat jahat, seperti mencuri atau merampok.

Untuk itu, membaca doa naik kendaraan wajib dilakukan umat beragama Islam, agar selama perjalanan mendapat perlindungan dan diberi kelancaran oleh Allah SWT. Lalu, doa apa yang bisa dibaca?

Baca Juga: Soal Video Viral Sopir Vanessa Angel Ngebut Sebelum Kecelakaan, Begini Komentar Polisi

Berikut ini doa dengan arti dan tulisan latinnya :

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-MU lah kami akan kembali.

Bila sedang menempuh perjalanan menggunakan kapal di laut lepas, bacalah doa yang ada di Surat Hud ayat 41. Hal ini sebagaimana dilakukan Nabi Nuh ketika mengendarai kapal.

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Baca Juga: Ikut ke Pemakaman, Billy Syahputra Gotong Peti Jenazah Vanessa Angel

Doa Selama Perjalanan

Selama perjalanan, para pengendara bisa membaca surat Al Ikhlas. Hal ini seperti kisah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, Muawiyah bin Muawiyah Al-Muzani, dikutip Imam Nawawi dalam Al Adzkar.

Malaikat Jibril AS meminta Nabi Muhammad untuk menyaksikan salah jenazah Muawiyah di Madinah. Padahal, kala itu Nabi Muhammad sedang berada di Tabuk. Nabi Muhammad, Jibril bersama ribuan malaikat melakukan salat jenazah.

Nabi Muhammad, setelah selesai mensalatkan jenazah Muawiyah, kemudian bertanya kenapa derajat Muawiyah begitu tinggi. Jibril pun menjawab bahwa sahabatnya lazim membaca surat Al-Ikhlas saat berdiri, berkendara dan berjalan kaki.

Berikut ini tulisan latin dan arti dari surat Al-Ikhlas:

Qul huwallâhu ahad. Allâhus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad

Artinya : "Katakanlah, 'Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya'."

Demikian informasi mengenai doa naik kendaraan serta aktivitas yang bisa dilakukan sembari mengendarai atau naik kendaraan bermotor. Semoga bisa bermanfaat.

Kontributor : Lukman Hakim

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait