facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Potensi Hujan Lebat, BMKG Sebut Delapan Daerah di Jatim Ini Siaga Banjir Bandang

Muhammad Taufiq Sabtu, 06 November 2021 | 17:55 WIB

Potensi Hujan Lebat, BMKG Sebut Delapan Daerah di Jatim Ini Siaga Banjir Bandang
Pembersihan jembatan dari materian Banjir Bandang di Kota Batu [SuaraMalang/Bob Bimantara]

Delapan daerah di Jawa Timur ( Jatim ) diminta waspada dan bersiaga dampak dari banjir bandang. Peringatan ini disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

SuaraJatim.id - Delapan daerah di Jawa Timur ( Jatim ) diminta waspada dan bersiaga dampak dari banjir bandang. Peringatan ini disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Seperti disampaikan Koordinator bidang data dan informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto di Sidoarjo. Ia mengatakan status siaga tersebut berdasarkan hasil prakiraan cuaca berbasis dampak yang dikeluarkan oleh BMKG Jakarta.

Ia mengatakan, prediksi tersebut berlaku pada 7 November 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 8 November 2021 pukul 07.00 WIB.

"Delapan daerah itu, masing-masing Magetan, Ngawi, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Malang dan Blitar," katanya, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (05/11/2021).

Baca Juga: Total Seluruhnya 7 Korban Tewas Banjir Bandang Kota Batu Telah Ditemukan

"Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir atau bandang dapat terjadi di wilayah Jawa Timur," ujarnya.

Selain siaga, kata dia, juga ada beberapa daerah yang waspada, yakni Magetan, Madiun, Nganjuk, Kota Surabaya, Gresik, Bangkalan, Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

"Detail informasi prakiraan berbasis dampak BMKG tersebut dapat diakses melalui link berikut; https://signature.bmkg.go.id," ujarnya.

BMKG, kata dia, membuka layanan informasi cuaca 24 jam, melalui http://www.bmkg.go.id, atau follow @infobmkg.

Ia mengatakan, pada saat peralihan musim kemarau ke musim hujan ini masyarakat diminta untuk lebih waspada akan bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi.

Baca Juga: Alhamdulillah! Pencarian Korban Banjir Bandang Kota Batu Dihentikan, Seluruh Korban Ketemu

"Tingginya curah hujan akan berpengaruh pada kemungkinan terjadinya bencana banjir, tanah longsor atau juga bencana hidrometeorologi lainnya," ujarnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait