facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Niat Sholat Jumat Hari Ini, Lengkap Dosa Tidak Jumatan

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 12 November 2021 | 11:17 WIB

Bacaan Niat Sholat Jumat Hari Ini, Lengkap Dosa Tidak Jumatan
Pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara, di tengah PPKM Level 4, Jumat (20/8/2021). [ANTARA/Abdu Faisal]

Kaum lelaki perlu tahu niat sholat Jumat ini.

SuaraJatim.id - Sholat Jumat wajib untuk laki-laki, artinya akan dosa jika tidak Jumatan. Kaum lelaki perlu tahu niat sholat Jumat ini.

Sholat Jumat merupakan pengganti niat sholat dzuhur bagi kaum muslim. Untuk itu para laki-laki perlu tahu, hafal dan melafalkan bacaan niat sholat Jumat sebelum mulai mengerjakannya.

Sholat Jumat bagi muslim dilakukan secara berjamaah. Oleh karena itu, terdapat dua niat sholat Jumat, yakni sebagia imam atau makmum. Berikut ini bacaan latin niat sholat Jumat dalam bahasa latin dan artinya.

Niat Sholat Jumat (Imam)

Baca Juga: Doa untuk Ayah Dapat Dipanjatkan saat Hari Ayah 12 November

Berikut bacaan niat sholat Jumat untuk imam dan artinya:

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya: Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam karena Allah ta’ala.

Niat Sholat Jumat (Makmum)

Berikut bacaan latin niat sholat Jumat untuk makmum dan artinya:

Baca Juga: Keutamaan Salat dan Doa Tahajud Seperti Teladan Rasulullah

Ushollii fardhol Jumati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya: Aku berniat sholat Jumat dua rakaat, menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah ta'ala.

Bagi kaum muslimah, ibadah sholat Jumat hukumnya sunnah. Hal ini seperti yang terkandung dalam Quran Surat Al Jumuah ayat 9 berikut ini.

Yaa ai-yuhaal-ladziina aamanuu idzaa nuudiya li-shshalaati min yaumil jumu'ati faas'au ila dzikrillahi wadzaruul bai'a dzalikum khairun lakum in kuntum ta'lamuun(a)

Artinya : “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Kewajiban sholat Jumat bagi para muslim terdapat dalam hadist berikut:

Rasulullah SAW bersabda 'Pergilah menunaikan ibadah shalat Jumat wajib bagi semua lelaki yang sudah baligh" (HR An-Nasa'i)

Sementara dalam hadist rasul Abu Dawud memuat hukum sholat Jumat bagi muslimah yakni sunnah.

"Sholat Jumat adalah hak yang wajib atas setiap muslim secara berjamaah kecuali empat hamba sahaya, wanita, anak kecil atau orang yang sakit (HR. Abu Dawud).

Keutamaan Sholat Jumat

Dengan menjalankan sholat Jumat, maka akan mendapatkan keutamaannya, seperti yang terkandung dalam hadist-hadist berikut.

Mendapat Pahala

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan sholat setahun.” (HR. Tirmidzi).

Menghapus Dosa Kecil

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu” (Q.S Al-Ma’idah: 3).

Sekian penjelasan tentang niat sholat Jumat yang dilengkapi dengan bacaan latin dan artinya. Semoga Allah SWT selalu merahmati umat Muslim.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait