facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanah Longsor Sebabkan Jalan Terputus di Trenggalek, Belasan Keluarga Terisolasi

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 19 November 2021 | 23:42 WIB

Tanah Longsor Sebabkan Jalan Terputus di Trenggalek, Belasan Keluarga Terisolasi
Lokasi jalan ambles akibat tanah longsor di Dusun Pelem, Desa Sumberbening, Trenggalek, Jumat (19/11/2021). [ANTARA/HO-Humas Polres Trenggalek]

Kapolsek Dongko AKP Rohadi mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tanah longsor tersebut.

SuaraJatim.id - Jalan Desa Sumberbening, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur ambles terdampak tanah longsor, Jumat (19/11/2021). Akses utama warga setempat itu ambrol dengan kedalaman sekitar lima meter.

Kapolsek Dongko AKP Rohadi mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tanah longsor tersebut. Kendati demikian, putusnya akses jalan di Dusun Pelem, Desa Sumberbeing, Kecamatan Dongko itu menyebabkan 13 keluarga (KK) terisolasi.

"Itu satu-satunya akses jalan warga setempat. Badan jalan ambles sepanjang 15 meter dengan lebar sekitar empat meter," katanya mengutip dari Antara, Jumat.

Dijelaskannya, hujan dengan intensitas sedang masih terus terjadi, hingga Jumat sore. Hal itu menyebabkan kondisi tanah di sekitar lokasi longsoran labil. Untuk mengantisipasi longsor susulan, polisi segera memasang rambu tanda bahaya di sekitar lokasi kejadian.

Baca Juga: Viral Video Detik Detik Tanah Longsor Timpa Rumah di Banjarnegara, Ini Kondisinya

"Rencananya kami dari tim gabungan bersama warga akan membuat jalur alternatif, kemudian membuat saluran air agar tidak mengalir ke longsoran, kami juga memasang tanda agar (untuk sementara, red.) tidak dilalui," katanya.

Perbaikan jalan, lanjut AKP Rohadi, belum bisa dilakukan lantaran kerusakan infrastruktur yang parah. Ditambah lagi kondisi tanah yang masih labil, sehingga rawan longsor susulan. Masyarakat diimbau sementara waktu untuk tidak melintas tempat itu.

"Sebenarnya masih bisa dilalui memakai jalan kaki. Tapi tetap saja sangat berbahaya dan tidak kami rekomendasikan," katanya.

Warga yang saat ini terisolasi sebenarnya masih mempunyai satu jalan alternatif. Namun, dengan kondisi hujan seperti sepekan terakhir, jalan alternatif itu juga tidak aman dilalui menggunakan kendaraan roda dua atau lebih. Apalagi akses jalan alternatif itu jarak tempuhnya cukup jauh.

Hujan juga mengakibatkan tanah longsor di Desa Dawuhan, Kecamatan Trenggalek. Di lingkungan ini, sedikitnya enam rumah dilaporkan tertimpa longsor, tiga di antaranya rusak parah.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Longsor di Deli Serdang, Mensos Risma Instruksikan Ini

"Selain longsor di enam titik, hujan kemarin juga menghanyutkan penyangga jembatan menuju makam,” kata Kepala Desa Dawuhan Kasanudin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait