alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wali Kota Surabaya Minta Warga Inisiatif Bersihkan Saluran Drainase

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 22 November 2021 | 06:00 WIB

Wali Kota Surabaya Minta Warga Inisiatif Bersihkan Saluran Drainase
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin kerja bakti untuk normalisasi saluran air di kawasan Jalan Setro, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jatim, Minggu. [FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya]

Wali Kota Eri menyoroti penutup drainase yang dicor permanen tanpa diberi celah, akibatnya menghambat upaya normalisasi saluran air.

SuaraJatim.id - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyoroti kebersihan saluran air atau drainase di kawasan Jalan Setro, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, lantaran tersumbat sampah.

"Ternyata tadi kami normalisasi mulai dari ujung sana (Jalan Setro), baru beberapa meter sudah dapat empat truk sampah. Isinya ada botol macam-macam termasuk lumpur. Tapi bukan banyak lumpurnya, malah yang banyak sampahnya," kata Eri mengutip dari Antara, Minggu (21/11/2021).

Merespon itu, lanjut Eri, seharusnya warga yang memiliki usaha dan berdiri di atas drainase lebih berinisiatif untuk membersihkan. Terlebih, saat penutup saluran dibongkar, banyaknya sampah plastik jadi faktor utama aliran air tersendat.

"Sehingga apa? warga ini bisa melakukan kerja bakti, sehingga tidak banjir. Karena tadi kami lihat salurannya berhenti semua. Jadi saluran di Jalan Raya (Setro Baru) ini tidak berfungsi, karena sudah tertutup sama sampah," ujarnya.

Baca Juga: Info Vaksin Surabaya 21 November 2021 Beserta Update Kasus COVID-19

Wali Kota Eri juga menyoroti penutup drainase yang dicor permanen tanpa diberi celah, akibatnya menghambat upaya normalisasi saluran.

Alhasil, Wali Kota Eri menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pembongkaran penutup saluran itu menggunakan alat berat.

"Jadi penutup saluran nanti saya minta di seluruh tempat usaha jangan besar-besar, dibuat tiga bagian biar bisa diangkat. Kalau sudah diangkat, maka yang bersihkan warganya sendiri, bareng-bareng tidak bisa kalau hanya pemerintah saja," katanya.

Eri  juga menemukan adanya pabrik keramik yang berada di Jalan Lebak Jaya I Utara, membangun bak sampah permanen tepat di atas saluran air. Mendapati hal itu, Ia memberikan teguran kepada pemilik pabrik.

Bahkan, Kapolsek Tambaksari, Kompol Muhammad Akhyar yang hadir mengikuti kerja bakti, juga memberikan teguran langsung kepada pemilik usaha agar tidak lagi membuang sampah di atas saluran. Bak sampah permanen yang berdiri di atas saluran kemudian langsung dilakukan pembongkaran.  (Antara)

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Persebaya Tundukkan 10 Pemain MU

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait