alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bisa Bahayakan Warga, Batu Segede Mobil di Dekat Longsoran Poncol Magetan Dipindahkan

Muhammad Taufiq Jum'at, 26 November 2021 | 07:42 WIB

Bisa Bahayakan Warga, Batu Segede Mobil di Dekat Longsoran Poncol Magetan Dipindahkan
Warga beramai-ramai pindahkan batu segede mobil agar tidak membahayakan warga [Foto: Beritajatim]

Tanah longsor sempat terjadi di Dusun Wonomulyo Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

SuaraJatim.id - Tanah longsor sempat terjadi di Dusun Wonomulyo Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Namun kondisi itu membuat warga ketar-ketir. Apalagi, di dekat longsoran tersebut terdapat batu segede mobil. Maka dari itu, warga meminta BPBD dibantu TNI dan Polri memindahkan batu besar tersebut, Kamis (25/11/2021).

Keberadaan batu tersebut dinilai bisa membahayakan permukiman warga di bawahnya. Teknik dengan menyiram batu tersebut dengan air membuahkan hasil. Batu sebesar ukuran mobil itu mendarat dengan mulus di jalan yang biasa dilewati warga.

Penahan berupa seng berhasil menghentikan batu dan tak menggelinding hingga ke rumah warga yang sebelumnya sudah dikosongkan.

Baca Juga: Usai Banjir Bandang, Kota Batu Waspada Bencana Tanah Longsor

Kalaksa BPBD Magetan Ari Budi Santosa mengungkapkan, itu adalah salah satu upaya mitigasi bencana. Kawasan batu tersebut tak berjauhan dengan lokasi longsor yang sudah terlebih dulu melanda pemukiman warga setempat pada Rabu siang (24/11/2021) yang mengakibatkan rumah warga rusak.

"Langkah antisipasi ini kami lakukan karena sesuai permintaan warga juga. Mereka merasa tidak aman saat musim hujan, terlebih sudah sempat terjadi longsor kecil di dekat bongkahan batu tersebut. Sehingga warga meminta agar batu tersebut segera diturunkan," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Jumat (26/11/2021).

Dia pun membantah kalau sistem peringatan dini tidak berfungsi maksimal. Karena, pihaknya sudah melakukan pengecekan kalau early warning system (EWS) berfungsi. Dia memastikan suara sirine juga bakal didengar oleh warga Wonomulyo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait