alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Surah Al Falaq dan Artinya, Baca Setelah Sholat Memohon Perlindungan Kepada Allah SWT

Pebriansyah Ariefana Kamis, 02 Desember 2021 | 18:53 WIB

Surah Al Falaq dan Artinya, Baca Setelah Sholat Memohon Perlindungan Kepada Allah SWT
Surah Al Falaq

Inti dari surah Al Falaq merupakan perintah dari agar umat manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah menghadapi segala keburukan yang tersembunyi.

SuaraJatim.id - Surah Al Falaq Dan Artinya. Nama Al Falaq diambil dari kata Al-Falaq yang terdapat pada ayat pertama surah ini, yang berarti waktu subuh.

Inti dari surah Al Falaq merupakan perintah dari agar umat manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah menghadapi segala keburukan yang tersembunyi.

Kejahatan yang dimaksud, misalnya berupa sihir, kejahatan waktu malam dan kejahatan orang-orang hasad karena ketiganya memerlukan perhatian khusus. Selain itu, surah Al Falaq juga disebut surah muawwidzatain yang bersanding dengan surah An Naas.

Rasulullah SAW, sangat menganjurkan umatnya untuk membaca surah ini setelah sholat, yang mana surah ini juga mengandung unsur doa.

Baca Juga: Barakallah Artinya Semoga Allah Memberkati, Bagaimana Jawaban yang Tepat?

Berikut, bacaan doa surah Al Falaq dan Artinya.

Ilustrasi berdoa bersama. (Antara)
Ilustrasi berdoa bersama. (Antara)

1. Keutamaan Surah Al Falaq

Meminta Perlindungan Kepada Allah : keutamaan surah Al Falaq yang pertama adalah sebagai bentuk doa untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari kejahatan.

Tak dapat dipungkiri, manusia hanyalah makhluk tak berdaya yang bisa dilanda bahaya kapanpun. Melalui surah inilah Rasulullah mengajarkan umat Islam untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Idealnya, surah Al Falaq dibaca setelah sholat, waktu pafi dan sore hari, sebelum tidur dan ketika akan meruqyah.

Baca Juga: Surah Al Ikhlas dan Artinya, Sering Dibaca Agar Dapat Manfaat Lebih

Menjaga dari Bahaya : diriwayatkan dari Aisyah RA, setiap malam ketika Rasulullah hendak menuju ke tempat tidur, dia mengumpulkan kedua telapak tangannya dan meniup sembari membaca “Qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas), Qul a’udzu birabbil falaq (Al-Falaq), dan Qul a’udzu bi rabbin nas (An-Nas). Setelah itu, ia mengusapkan kedua telapak tangannya pada bagian tubuh yang dapat dijangkau.

Surah Agung yang diturunkan saat Malam Hari : surah Al Falaq merupakan surah yang istimewa bersanding dengan An-Nas. Disebutkan dalam sebuah hadits, bahwa dua surah tersebut tidak ada tandingannya.

“Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan mala mini? Tidak ada yang semisal dengannya, yakni “Qul a’udzu bi rabbin na (An-Nas) dan Qul a’udzu birabbil falaq (Al-Falaq).”(HR.Muslim,Ahmad Tirmidzi, dan An-Nasa’i)

Melindungi dari Bahaya sihir : dalam “Dala’il An-Nubuwwah” karya Imam Baihaqi, Rasulullah pernah mendapat sihir yang diletakan di dekat sumur rumahnya oleh seorang Yahudi bernama Lubaid bin Al-A’sham.

Sihir-Sihir yang tertulis di atas tersebut, kemudian dibakar oleh Rasulullah samba membaca surah An-Nas dan Al Falaq.

Melindungi dari Penyakit Ain : sebab diturunkannya surah Al Falaq dan An-Nas karena kafir Quraisy Makkah yang berupaya mencederai Rasulullah dengan ain, pandangan mata yang merusak atau membinasakan. Maka dari itu Allah menurunkan kedua surah tersebut kepada Rasulullah untuk menangkal penyakit tersebut.

2.Bacaan Surah Al Falaq Dan Artinya

1. Qul a’uzu birabbil-falaq

Artinya : Katakanlah,”Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar)

2. Min syarri ma Khalaq

Artinya : dan kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan

3. Wa min syarri gasiqin iza waqab

Artinya : dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita

4. Wa min syarrin-naffasti-fil-‘uqad

Artinya : dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya)

5. Wa min syarri hasidin iza hasad

Artinya : dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki

Itulah tadi Keutamaan serta bacaan surah Al Falaq dan artinya.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait