alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kondisi Terkini Pasca Erupsi Gunung Semeru, Perkampungan Tertimbun Abu Setinggi Atap

Muhammad Taufiq Minggu, 05 Desember 2021 | 09:43 WIB

Kondisi Terkini Pasca Erupsi Gunung Semeru, Perkampungan Tertimbun Abu Setinggi Atap
Kondisi terkini paska erupsi Gunung Semeru [Tangkapan layar Instagram]

Banyak video bertebaran di media sosial terkait kondisi terbaru paska erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur ( Jatim ).

SuaraJatim.id - Banyak video bertebaran di media sosial terkait kondisi terbaru paska erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur ( Jatim ).

Video-video itu direkam warga, menggambarkan betapa mengerikannya erupsi yang terjadi Sabtu (04/12/2021) sore kemarin. Abu vulkanik yang disemburkan gunung tertinggi di Jawa itu membenamkan permukiman warga, Minggu (05/12/2021).

Di sejumlah akun grup Instagram warga Lumajang juga diunggah video warga, petugas BNPB, TNI dan Polri bahu membahu mencari korban yang terjebak di perkampungan.

Misalnya akun warga Lumajang Satu. Sejumlah kondisi terkini warga dan kepolisian memantau kondisi permukiman paska erupsi.

Baca Juga: Setelah Letusan Kemarin, Aktivitas Gunung Semeru Lumajang Masih di Level II Waspada

Sebelumnya, penanganan dampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, sampai saat ini dilaporkan sudah ada 300 kepala keluarga mengungsi.

Kemudian, sebanyak satu warga meninggal dunia, dua orang hilang, delapan sampai sepuluh orang terjebak, 70 orang dibawa ke puskesmas sebab luka bakar, lalu 300 keluarga mengungsi.

Saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mengirim tim reaksi cepat serta bantuan logistik berupa makanan, tenda, dan selimut untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru di wilayah Jawa Timur.

"BNPB terlebih dahulu sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Kab. Lumajang dan BPBD Provinsi Jawa Timur via darat dengan membawa logistik seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, dan logistik dasar lainnya," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Minggu (05/12/2021).

Kepala BNPB pada Minggu pagi bertolak ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk meninjau daerah yang terdampak letusan Gunung Semeru serta memastikan evakuasi dan penanganan korban bencana berjalan tepat dan cepat.

Baca Juga: Hati-hati! Semeru Erupsi, Gunung Merapi Kini Siaga Level III

"Kami datang untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan secara tepat dan cepat, dan tentunya kebutuhan dasar dari pengungsi ini akan kami yakinkan untuk dapat terfasilitiasi secara optimal," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait